Lembaga sertifikasi diminta tingkatkan kompetensi pelaku pariwisata

id Asisten bidang ekonomi, adeham, kompetensi parieisata

Lembaga sertifikasi diminta tingkatkan kompetensi pelaku pariwisata

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Lampung Adeham (ANTARA Lampung/lampungprov.go.id)

...Provinsi Lampung sebagai salah satu destinasi wisata memiliki potensi yang sangat besar baik wisata alam maupun budaya, kata Adeham...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata (LSPP) diminta dapat meningkatkan kompetensi para pelaku pariwisata di Provinsi Lampung untuk bersaing dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Provinsi Lampung sebagai salah satu destinasi wisata memiliki potensi yang sangat besar baik wisata alam maupun budaya. Karena itu diperlukan pelaku pariwisata yang kompeten sehingga dapat mengenalkan potensi pariwisata di daerah ini," kata Asisten Bidang Ekbang Setprov Lampung Adeham, pada peresmian LSPP Raflesia, di Bandarlampung, Jumat.

Pihaknya juga berharap dapat melibatkan partisipasi banyak pihak dalam pengembangannya sehingga sektor pariwisata dapat memberikan keuntungan dan manfaat bagi daerah dan masyarakat di Provinsi Lampung.

Ia mengharapkan pemahaman bagi seluruh komponen masyarakat terhadap arti pentingnya pembangunan pariwisata bagi pembangunan Provinsi Lampung sehingga mampu berperan serta aktif dalam semua kegiatan kepariwisataan.

Adeham mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik peresmian LSPP Raflesia yang merupakan lembaga ketiga se-Sumatera ini sebagai wahana untuk melakukan pengujian kompetensi diri bagi pekerja di sektor pariwisata.

"Kami juga berharap LSPP Raflesia dapat bekerja professional dan objektif dalam melakukan sertifikasi sehingga pekerja yang mengikuti sertifikasi adalah benar-benar memiliki kompetensi yang baik dan berdaya saing," ujarnya.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wisnu Bawa Tarunajaya mengatakan bahwa pihaknya berharap seluruh pihak baik pemerintah maupun pemangku kepentingan terkait dapat saling bekerjasama dan berkoordinasi dalam rangka memajukan sektor pariwasata di Provinsi Lampung.

Menurutnya, hal itu dikarenakan kegiatan pariwisata memberikan sumbangan yang sangat bersar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebuah daerah dan diharapkan dapat membawa banyak manfaat bagi sektor lainnya.(Ant)