Gubernur Lampung Ekspose Festival Krakatau di Kemenpar

id Gubernur Ekspose Festival Krakatau, Festival Krakatau 2016, Festival Krakatau

Gubernur Lampung Ekspose Festival Krakatau di Kemenpar

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo (kedua dari kiri) saat ekspose Festival Krakatau 2016 di Kemenpar Jakarta, Kamis (18/8). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Gubernur Lampung dalam kesempatan itu mengatakan bahwa event yang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan ini berlangsung berlangsung 24 hingga 28 Agustus 2016.
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menggelar ekspose Festival Krakatau 2016 di Kementerian Pariwisata Jakarta.

"Pak Gubernur menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung kembali menggelar Festival Krakatau 2016 yang merupakan perhelatan akbar kebudayaan dan pariwisata daerah ini," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung Bayana, di Bandarlampung, Kamis.

Gubernur Lampung dalam kesempatan itu mengatakan bahwa event yang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan ini berlangsung berlangsung 24 hingga 28 Agustus 2016.

Rangkaian kegiatan itu, lanjutnya, melibatkan seluruh elemen masyarakat, dunia usaha, instansi pemerintah di seluruh kabupaten dan kota.

Kegiatannya antara lain, Jelajah Pasar Seni di Mal Boemi Kedaton (24 hingga 28 Agustus 2016) ; Jelajah Layang-layang di Stadion Sumpah Pemuda PKOR Way Halim (25-26 Agustus), Jelajah Rasa, di Lapangan Korem Enggal (26-28 Agustus), dan Jelajah Krakatau, Pantai Sari Ringgung (27 Agustus), serta Jelajah Semarak Budaya, di Tugu Adipura (28 Agustus).

Gubernur dalam kesempatan itu juga mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung saat ini cukup stabil di tengah kondisi ekonomi nasional yang kurang menguntungkan, yaitu sebesar 5,13 persen.

Selain itu kesejahteraan masyarakat pun terus meningkat seiring naiknya tren pendapatan per kapita di Provinsi Lampung.

"Kesejahteraan yang terus membaik tersebut, menjadikan rekreasi dan berwisata sebagai kebutuhan dan `life style` bagi masyarakat Lampung. Positifnya kondisi ekonomi, juga menggairahkan investasi di Provinsi Lampung," ujarnya.

Tercatat, pada 2015, realisasi investasi mencapai 139 persen dari target yang ditetapkan oleh BKPM RI. Khusus sektor pariwisata terjadi peningkatan jumlah wisatawan nusantara, yaitu mencapai rata-rata 30 persen dan wisatawan mancanegara 28 persen sejak tahun 2012.

Begitupula jumlah hotel di Provinsi Lampung peningkatannya cukup signifikan, yaitu sebesar 20 persen sejak tahun 2014. "Seiring dengan itu, sebagai upaya untuk semakin meningkatkan jumlah wisatawan, Provinsi Lampung akan menggelar Lampung Krakatau Festival 2016," kata Gubernur Ridho pula.

Pemprov Lampung terus mengembangkan sektor pariwisata. Upaya tersebut antara lain pengembangan kawasan wisata terintegrasi Teluk Lampung yang termasuk di dalamnya Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman, hingga Teluk Kiluan dan Gunung Anak Krakatau.

Selain itu pengembangan wisata Pantai Barat Lampung, pengembangan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) sebagai Lampung Safari Park dan Conservation Center, dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Teluk Nipah, Kalianda dan Pantai Barat.

Ia menambahkan, logo dan tagline Lampung "The Treasure of Sumatera". Gambaran ini mengenai Lampung sebagai sebuah tempat yang menyenangkan dan terbuka bagi siapapun serta memiliki alam yang menyegarkan dan sarat dengan ragam budaya yang hidup dan kuat sebagai sebuah destinasi wisata dengan kekayaan alam yang tersembunyi.