Presiden Jokowi akan Buka Jambore Nasional Pramuka

id Jambore Nasional Pramuka, Presiden Jokowi Buka Jamnas Pramuka, Jambore Pramuka, Gerakan Pramuka

Presiden Jokowi akan Buka Jambore Nasional Pramuka

Presiden Jokowi berbaur bersama anggota Pramuka. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Jakarta (ANTARA Lampung) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan akan membuka Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Pramuka X 2016 di Bumi Perkemahaan Cibubur, Jakarta, Minggu (14/8) besok.

Presiden Jokowi sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka akan memimpin upacara dan menyampaikan sambutan di depan 25.000 Pramuka tingkat pengalang dari seluruh Indonesia dan 225 peserta dari luar negeri.

"Ini kegiatan besar dan bermanfaat. Kegiatan ini dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo," kata Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.

Adhyaksa Dault menambahkan, 25 ribu peserta Jambore Nasional ini berusia 11-15 tahun. Acara itu akan menjadi sejarah bagi mereka kelak, ketika mereka dewasa akan mengingat kembali masa-masa saat mereka berkumpul dengan teman-teman dalam satu tenda.

"Jambore Nasional mempertemukan anak-anak kita dari seluruh Indonesia, cerita tentang berkemah, tidur bersama di tenda, masak tapi nggak matang, menjelajah alam bareng-bareng, ngobrol dan bercanda tanpa gangguan handphone akan menjadi kenangan terindah saat anak-anak kita dewasa nanti. Perkemahan itu perekat, jika suatu hari ada perbedaan yang bisa menyebabkan perpecahan, maka mereka akan ingat pernah berkemah bersama," ujar Adhyaksa Dault yang juga mantan Menpora 2004-2009 ini.

Selain Presiden, acara pembukaan Jamnas X juga akan dihadiri tokoh nasional, pejabat negara, dan kepala daerah.

"Besok juga diharapkan akan hadir Ibu Megawati Soekarnoputri, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menko PMK Puan Maharani, Menpora, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Gubernur DKI Jakarta, sejumlah kepala daerah, dan juga pimpinan kepanduan dari negara-negara ASEAN," ujar Adhyaksa pula.

Dalam upacara pembukaan besok, Kwarnas Gerakan Pramuka akan memberikan penghargaan kepada 38 tokoh yang berkontribusi besar terhadap pengembangan dan kemajuan Pramuka Indonesia.

Upacara pembukaan juga akan dimeriahkan agenda pemecahan rekor MURI dalam bentuk penerbangan 1.000 Chuck Glider oleh 1.000 peserta Jamnas.

Chuck Glider adalah model pesawat ringan dengan teknologi pesawat udara yang diterbangkan dengan cara dilemparkan. Setiap Chuck Glider yang akan diterbangkan adalah hasil karya para anggota Saka Dirgantara dengan presisi teknologi sederhana kedirgantaraan. Rencanya, Chuck Glider perdana akan diterbangkan oleh Presiden Jokowi.

Selain itu, acara pembukaan juga akan dimeriahkan penampilan kesenian daerah seperti Wayang Hihid dari Bogor, atraksi keterampilan Kwarda Jawa Barat, DKI Jakarta, dan lain-lain.

Jambore Nasional Pramuka adalah pesta kegiatan Pramuka Penggalang se-Indonesia sebagai wahana untuk merajut persaudaraan dan persahabatan. Setelah sekian lama digelar di luar Jakarta, Jamnas X kali ini digelar di Ibu Kota dengan tema "Keren, Gembira, Asyik".