Yusuf Kohar: Pengusaha harus memanfaatkan amnesti pajak

id Amnesti pajak

Yusuf Kohar: Pengusaha harus memanfaatkan amnesti pajak

Wakil Wali Kota Bandarlampung Yusuf Kohar (FOTO:ANTARA Lampung/ist)

...Pengusaha harus bisa memanfaatkan program amnesti pajak karena manfaatnya banyak sekali bagi perusahaan, kata Yusuf Kohar...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Wakil Wali Kota Bandarlampung Yusuf Kohar menyatakan pengusaha harus memanfaatkan amnesti pajak karena bisa membantu membenahi keuangan perusahaan.

"Pengusaha harus bisa memanfaatkan program amnesti pajak karena manfaatnya banyak sekali bagi perusahaan," kata dia di Bandarlampung, Rabu.

Dia mengatakan kebijakan pengampunan pajak punya banyak sisi positifnya, sebab dengan masuknya dana yang selama ini tidak terdata likuiditas di dalam negeri bisa bertambah.

Menurut Yusuf Kohar yang juga Ketua Apindo Provinsi Lampung itu, transparansi perpajakan akan jauh lebih baik dengan adanya tax amnesty, sebab dana yang masuk akan terpantau oleh Direktorat Jenderal Pajak. "Ke depan setelah program ini pengusaha harus belajar hidup tertib dan rapih dalam membayar pajak," kata dia.

Selain itu, pengusaha pun dapat melaksanakan pembukuan dan bisnis dengan sempurna, karena telah melakukan hal yang baik untuk membantu negara. Kemudian, pengusaha dapat tertib berwirausaha lalu membayar pajak sesuai dengan aturan perizinan.

"Ini juga sebagai bentuk nyata pengusaha membantu negara dalam pembangunan," kata dia. Sementara itu, Wali Kota Bandarlampung Herman HN menyatakan pe "tax amnesty" sangat membantu untuk meningkatkan pendapatan pemerintah guna melaksanakan pembangunan di segala bidang.

"Saya sangat mendukung program ini bahkan 1.500 pengusaha pun sudah dikumpulkan agar menyimpan uangnya di bank yang ada di Indonesia khususnya pengusaha Bandarlampung," kata dia.

Dia mengatakan 1.500 pengusaha asal Kota Bandarlampung pun sudah dikumpulkan beberapa waktu lalu, guna memberikan imbauan agar jika menyimpan uang jangan di luar negeri cukup di daerahnya saja. Jika menyimpannya di negera sendiri tentunya manfaatnya sangat besar, bisa membantu pembangunan daerah karena dari hasil penyimpanan tersebut bisa meningkatkan pendapatan negara.

"Bila pengusaha menyimpan di bank maka yang punya uang dapat bunga, pemerintah dapat pajak dari bunganya itu jadi sama-sama menguntungkan," kata dia. Ia berharap dalam waktu dekat masyarakat bisa memanfaatkan program tax amnesty karena ini hanya sekali dilakukan, dengan mengikutinya sekaligus ikut membangun bangsa dan menunjukkan cinta terhadap Tanah Air. (Ant)