Sabine Torres Latih Pengelola Media Online Lokal

id Sabine Torres latih online lokal, sabine torres, AJI Bandarlampung, AJI

Sabine Torres Latih Pengelola Media Online Lokal

Sabine Torres saat memandu pelatihan pengelola media online di Bandarlampung. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini media lokal bisa lebih mengemas informasi lokal yang lebih panjang, menarik dan lebih rinci. Bukan cuma data statistik yang mati," katanya lagi.
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Sabine Torres pendiri dan Direktur Dijonscpoe.com Prancis secara maraton berkunjung ke lima daerah di Indonesia, termasuk Lampung, untuk melatih pengelola media online lokal.

Workshop dengan narasumber utama Sabine Torres yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung dan Independen.id serta didukung AJI Indonesia-D&P Canada-CFI France secara pararel berlangsung di lima kota, yaitu Yogyakarta, Purwokerto, Denpasar, Malang, dan Lampung.

Workshop Contens For Local Media Online (Membuat Konten Bagi Media Online Lokal) di Lampung berlangsung Jumat, (5/8) dan Sabtu (6/8) di salah satu hotel Kota Bandarlampung, dengan peserta 15 orang kalangan jurnalis dari berbagai media online lokal termasuk dua orang di antaranya jurnalis online dari Provinsi Bengkulu.

"Praktisi media online lokal di Indonesia, diharapkan lebih mengeksplorasi informasi lokal secara mendalam, detail dan menarik," ujar Ketua AJI Bandarlampung Padli Ramdan .

Menurutnya, selama ini masyarakat untuk mencari informasi lokal, seperti komoditas pertanian berupa kakao dan kopi, jarang sekali mendapatkannya, selain mendapati informasi sebatas data-data statistik.

"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini media lokal bisa lebih mengemas informasi lokal yang lebih panjang, menarik dan lebih rinci. Bukan cuma data statistik yang mati," katanya lagi.

Dia menegaskan, workshop ini sebagai langkah awal bagi praktisi media lokal online bagaimana membuat konten-konten media yang menarik dan memiliki nilai jual lokalitas. Hal itu dikoordinir oleh AJI Indonesia untuk kemudian disebarkan ke jejaring berita seperti Babe, Kurio yang selama ini mencari konten-konten lokal yang menarik. "Apalagi selama ini info-info menarik lokal daerah ini tertutup dengan isu nasional," ujar dia pula.

Workshop diselenggarakan secara pararel  pada lima kota utama yaitu Yogyakarta, Purwokerto, Denpasar, dan Malang, serta Lampung. Masing-masing kota penyelenggara dilaksanakan selama dua hari, dengan trainer Sabine Torres, pendiri dan Direktur Dijonscpoe.com France.

Di Lampung, peserta workshop dihadiri 15 orang yang merupakan kalangan jurnalis dari berbagai media online lokal setempat termasuk du orang di antaranya dari jurnalis online dari Provinsi Bengkulu.