Gubernur: Pemprov Lampung Prioritaskan Sektor Kesehatan

id Pemprov Lampung Prioritaskan Kesehatan, Kesehatan di Lampung

Gubernur: Pemprov Lampung Prioritaskan Sektor Kesehatan

Plt Sekdaprov Lampung Sutono membuka Rakerda Kesehatan Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Jumat (5/8). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

"Integrasi, koordinasi, dan sinergisme dengan lintas program, lintas sektor dan seluruh pemangku kepentingan akan sangat mendukung percepatan pembangunan," katanya menambahkan.
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan bahwa sektor kesehatan merupakan salah satu prioritas dan unggulan Pemerintah Provinsi Lampung untuk memenuhi pelayanan kesehatan warga daerah ini.

"Pembangunan kesehatan di Lampung penting untuk meningkatkan derajat kesehatan di daerah ini," kata Gubernur Ridho dalam sambutan yang disampaikan Plt Sekdaprov Lampung Sutono, pada pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah Lampung, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan masyarakat Lampung harus menjaga status kesehatan sejak dalam kandungan, bayi, balita, remaja, usia produktif sampai usia lanjut.

Karena itu, menurutnya, pendekatan keluarga sehat melalui tiga pilar pembangunan kesehatan, yakni paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional, agar dilaksanakan secara menyeluruh dari pelayanan tingkat pertama sampai tingkat lanjutan.

Dia juga mengharapkan pemerintah kabupaten/kota hendaknya mendukung pelaksanaan keluarga sehat.

Penguatan infrastruktur di bidang kesehatan dan penataan sumber daya pembangunan kesehatan yang akan berdampak pada perbaikan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Penggunaan dana desa, gerakan membangun desa (Gerbang Desa), juga diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Lampung.

"Integrasi, koordinasi, dan sinergisme dengan lintas program, lintas sektor dan seluruh pemangku kepentingan akan sangat mendukung percepatan pembangunan," katanya menambahkan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr dr Hj Reihana MKes menyampaikan sesuai dengan tema Rakerkesda tahun 2016 "Keluarga Sehat Pilar Utama Bangsa yang Kuat", substansi yang diangkat dalam diskusi tahun ini tentang penguatan pelayanan kesehatan terkait dengan pelaksanaan akreditasi di tingkat puskesmas maupun di rumah sakit umum daerah serta implementasi pelaksanaan keluarga sehat dan penggunaan dana alokasi khusus daerah.

Rakerkesda ini merupakan agenda tahunan di bidang kesehatan untuk menggalang koordinasi, sinergisme, penyelenggaraan pembangunan kesehatan di jajaran pemerintah dan pihak swasta dan stakeholder terkait, berlangsung selama dua hari yang diikuti 94 peserta yang berasal dari 15 kabupaten/kota dan Provinsi Lampung.

Peserta meliputi 45 orang dari kabupaten/kota dengan rincian 15 kepala Dinas Kesehatan kabupaten/kota, 15 direktur RSUD provinsi/kabupaten/kota, dan 15 eselon III/IV yang membidangi perencanaan atau bina program Dinkes kabupaten/kota.

Selanjutnya, 52 orang peserta melibatkan SKPD lintas sektor, RSUD Dr H Abdul Moeloek, RS Jiwa Daerah, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, KKP Panjang, Balai Besar POM Bandarlampung, BPJS Kesehatan Cabang Bandarlampung, institusi pendidikan kesehatan swasta, saryankes swasta, dan puskesmas terpilih, organisasi profesi bidang kesehatan serta eselon III dan IV di lingkungan Dinkes Provinsi Lampung.