Rakorgub se-Sumatera di Lampung

id Rakorgub se-Sumatera di Lampung, Rakorgub se-Sumatera

Rakorgub se-Sumatera di Lampung

Sekjen Depdagri, Gubernur Lampung, dan Ketua MPR RI bergandengan tangan usai pembukaan Rakorgub se-Sumatera di Bandarlampung, Selasa (26/7). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Pemerintah Provinsi Lampung menjadi tuan rumah Rakorgub se-Sumatera pada 26 hingga 29 Juli 2016.
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Sekjen Depdagri RI Ruswandi A Tumenggung membuka secara resmi Rakorgub se-Sumatera 2016,  di Hotel Novotel Bandarlampung, Selasa (26/7).

Pada pembukaan Rakorgub se-Sumatera itu, hadir juga Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Gubernur Lampung M Ridho Fichardo, para gubernur se Sumatera, anggota Forkopimda Lampung, para rektor, para bupati/wali kota se-Lampung dan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Provinsi Lampung.

Pemerintah Provinsi Lampung menjadi tuan rumah Rakorgub se-Sumatera pada 26 hingga 29 Juli 2016.

"Guna menyukseskan Rakorgub se-Sumatera itu, Gubernur Lampung telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor: G/286/B.II/HK/2016 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Gubernur se-Sumatera Tahun 2016 di Provinsi Lampung," kata Plt Sekda Provinsi Lampung Ir Sutono MM.

Menurut Sutono, rakorgub itu akan dihadiri oleh sejumlah menteri, di antaranya Menteri Koordinator Maritim dan Sumberdaya, Mendagri, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri Pariwisata, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta gubernur se-Sumatera, dan bupati/wali kota se-Provinsi Lampung.

Beberapa menteri Kabinet Kerja yang akan hadir dalam acara rakorgub akan menyampaikan paparan, di antaranya, Menko Maritim dan Sumberdaya dengan topik "Pengembangan Potensi Maritim Sumatera guna meningkatkan Pertumbuhan dan Pemerataan Ekonomi Daerah dalam rangka Mendukung Kedaulatan Maritim".

Kemudian, Menteri Dalam Negeri dengan topik "Isu Strategis Bidang Kepemerintahan Di Wilayah Sumatera Untuk Mendukung Percapaian Target Nawa Cita". Menteri PPN/Kepala Bappenas dengan materi "Sinergi Pembangunan Antarsektor di Sumatera Mendukung Sumatera Sebagai Pilar Pembangunan Nasional Guna Memperkokoh Ketahanan Nasional".

Selanjutnya, Menteri Pariwisata dengan topik "Percepatan Pembangunan Pariwisata Sumatera Untuk Mencapai Target Kunjungan Wisatawan Mewujudkan Visi Wonderful Indonesia". Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup dengan topik "Solusi Penanggulangan dalam Skema Pembangunan Yang Berkelanjutan".

"Pak Gubernur meminta seluruh panitia untuk mempersiapkan Rakorgub se-Sumatera, mulai dari penyambutan, pelaksanaan rapat koordinasi, hingga mengantar kepulangan masing-masing tamu undangan," ujar Sutono pula.

Pada akhir kegiatan Rakorgub se-Sumatera, rencananya Pemprov Lampung mengagendakan Ekskursi Kawasan Wisata Terpadu Teluk Lampung (Pulau Kelagian, Penanaman Terumbu Karang, Pantai Sari Ringgung, dan Marine Ecopark).