Lima Usaha Mahasiswa dan Alumni Menang Hibah Darmajaya Entrepreneurship

id IBI Darmajaya

Lima Usaha Mahasiswa dan Alumni  Menang Hibah Darmajaya Entrepreneurship

Penerima hibah IBI Darmajaya. (dok. ibi darmajaya)


Bandarlampung (ANTARA Lampung) -Lembaga Pengembangan Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya menyerahkan dana hibah kepada 5 usaha mahasiswa dan alumni yang menjuarai program Darmajaya Entrepreneurship di kampus setempat.

Lima usaha tersebut yakni usaha kuliner Ceker Jahat milik Wisnu Azuar Anas (alumni jurusan Manajemen), usaha minuman olahan susu sapi milik Harri Julianta (mahasiswa jurusan Manajemen), usaha jasa service printer milik Kurniawansyah (mahasiswa jurusan Manajemen), usaha jasa jahitan (taylor) milih Muhammad Mahbub (mahasiswa jurusan Manajemen), dan usaha kerajinan miniatur gedung milik Deni Yuharno (alumni jurusan Akuntansi).

Wisnu mengaku senang dan bersyukur bisa menjadi salah satu pemenang Darmajaya Entrepreneurship. Ia bangga menjadi alumni Darmajaya, baginya kampus tersebut sangat mendukung mahasiswa dan lulusan untuk berwirausaha.

“Alhamdulillah, usaha yang saya bangun hampir 2 tahun ini mendapatkan dukungan dari LP4M Darmajaya. Diperolehnya hibah ini menjadi semangat dan motivasi bagi saya untuk lebih mengembangkan usaha ini agar maju dan sukses,” ungkapnya yang juga menjadi pemenang hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Kemenristek Dikti tahun 2015 ini.

Sementara itu, ketua tim IPTEK bagi Kewirausahaan (IbK) Darmajaya, Dr. Anuar Sanusi, SE., MSi mengatakan hibah program Darmajaya Entrepreneurship yang diselenggarakan LP4M bekerjasama dengan Inkubitek ini berasal dari Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dana tersebut diberikan untuk membantu dan mendukung para mahasiswa serta alumni menjadi young entrepreneurs.

“Selamat kepada para mahasiswa dan alumni yang usahanya berhasil memenangkan program Darmajaya Entrepreneurship. Semoga dana hibah yang diperoleh bisa menjadi stimulus, semangat baru, dan memotivasi mereka untuk lebih mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Kepala LP4M Darmajaya ini ungkapnya, program Darmajaya Entrepreneurship yang mulai diselenggarakan tahun 2015 tersebut diikuti 90 proposal usaha. Kemudian terpilih 21 kandidat yang lolos seleksi berkas dan wawancara.

“Dari 21 kandidat Darmajaya Entrepreneurship terpilih 5 usaha terbaik yang mendapat support berupa dana hibah, fasilitas institusi, serta manajemen usaha dari LP4M dan Ikubitek,” imbuhnya.

Penyerahan hibah tersebut turut disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset, Dr. RZ. Abdul Aziz, ST., MT, Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan, Ronny Nazar, SE., MT, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Sumber Daya, Muprihan Thaib, S.Sos., MM, Kepala Inkubator Bisnis dan Teknologi (Inkubitek), Niken Paramitasari, SE., MM, serta Ketua dan Tim IbK Darmajaya.(*)