Polres Tulangbawang kerahkan 600 personel untuk amankan pilkada

id Pilkada, polisi,Polres Tulangbawang kerahkan 600 personel untuk amankan pilkada

Polres Tulangbawang kerahkan 600 personel untuk amankan pilkada

Polisi siap amankan Pilkada serentak. (ist)

Tulangbawang (Antara Lampung) - Polres Tulangbawang di Provinsi Lampung siap mengerahkan 600 personel polisi untuk mengamankan pelaksanaan pilkada serentak pada dua kabupaten yaitu Tulangbawang dan Tulangbawang Barat pada 2017.
         
"Polres Tulangbawang sudah menyiapkan personel dan peralatan yang diperlukan untuk pengamanan menghadapi pilkada serentak itu. Bahkan, kami sudah rapikan personel baik di tingkat polsek maupun polres. Pokoknya, semua fungsi kepolisian kami kerahkan," ujar Kapolres Tulangbawang AKBP Agus Wibowo, di Menggala,  Kamis.
         
Kapolres menegaskan, untuk menghindari terjadi konflik pada pilkada serentak itu, pihaknya mengantisipasi dengan membuat Pakta Integritas dengan para calon yang ditandatangani semua unsur,
    
Pihaknya juga sudah memetakan daerah yang aman, rawan I, dan rawan II terkait pelaksanaan pilkada serentak tersebut.
         
Menurut AKBP Agus Wibowo, muara konflik sengketa pemilihan kepala daerah itu berada di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan polres setempat.
         
Agus menyatakan, konflik pilkada bisa terjadi apabila lembaga penyelenggara tidak netral dalam melaksanakan pilkada. Karena itu, Panwaslu dan Polres harus sejalan untuk mengawal pilkada yang bersih, sehingga untuk itulah sangat diperlukan sikap netral.
         
Ia mengingatkan, tiga lembaga itu, Polres, KPU, dan Panwaslu yang akan disorot dan menjadi muara bila terjadi sengketa pilkada.
         
Agus menambahkan, Polri senantiasa akan berperan aktif dalam mengawal dan menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi yang bersih, jujur, dan transparan. Prinsi pilkada yang langsung, umum, bebas, dan rahasia
(luber) harus ditegakkan dan dilaksanakan, katanya pula.