Hendra Setiawan bidik emas kedua Olimpiade

id hendra-ahsan ke final, piala thomas, tantang denmark

Hendra Setiawan bidik emas kedua Olimpiade

ilustrasi Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan (kanan) - Hendra Setiawan. (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

...Saya harus menambah kecepatan dan kekuatan itu agar mengimbangi permainan lawan. Tentu pesaing terberat adalah pemain Tiongkok dan Korea Selatan, ujar Hendra...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Atlet bulu tangkis ganda putra Hendra Setiawan berharap meraih medali emas kedua Olimpiade di Rio de Janeiro pada Agustus 2016.

"Tapi, persiapan kami lebih maksimal. Tentu saya sendiri ingin dapat emas lagi," kata Hendra di sela-sela latihan di pemusatan pelatihan nasional PP Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di Cipayung, Jakarta, Rabu.

Persiapan Hendra termasuk menjaga pola makan serta latihan fisik. "Berat badan saya 73 kilogram ketika ikut Olimpiade 2008. Sekarang berat badan saya 81 kilogram. Saya sudah berusaha menurunkan berat badan tapi tetap susah," kata pemain berusia 31 tahun itu.

Pemain yang meraih medali emas Olimpiade 2008 bersama Markis Kido itu mengaku perlu meningkatkan kecepatan dan kekuatan permainan karena persaingan di nomor ganda putra semakin ketat dengan kehadiran pemain-pemain muda dari seluruh dunia.

"Saya harus menambah kecepatan dan kekuatan itu agar mengimbangi permainan lawan. Tentu pesaing terberat adalah pemain Tiongkok dan Korea Selatan," ujar pemain asal klub Jaya Raya Jakarta itu.

Hendra mengatakan keikutsertaannya dalam Olimpiade Rio 2016 telah mendapatkan dukungan dari keluarga besar. "Mereka juga berharap saya dapat medali sekali lagi mumpung masih berkesempatan ikut Olimpiade," kata atlet yang akan berpasangan dengan Mohammad Ahsan dalam Olimpiade Rio itu.

Hendra/Ahsan akan mendapatkan perlawanan berat dari pasangan putra Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong dan Kim Gi Jung/Kim Sa Rang dari Korea Selatan serta dua pasangan Tiongkok yaitu Fu Haifeng/Zhang Nan dan Chai Biao/Hong Wei.

"Kami hanya berusaha memantapkan fokus saat bertanding dan berusaha untuk tidak menunjukkan gugup serta kelelahan ke lawan," katanya.

Atlet-atlet pelatnas bulu tangkis Indonesia akan berangkat ke Brazil pada 27 Juli dan menuju Sao Paulo untuk proses karantina jelang pertandingan di Rio de Janeiro pada 11-20 Agustus.

Indonesia menempatkan 10 atlet pada cabang olahraga bulu tangkis pada Olimpiade Rio 2016. Mereka adalah Tommy Sugiarto pada nomor tunggal putra, Linda Wenifanetri pada nomor tunggal putri, pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pada nomor ganda putra, pasangan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari pada nomor ganda putri, pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto pada nomor ganda campuran. (Ant)