Wali Kota setujui Terminal Rajabasa diambil pusat

id wali kota halal bihalal, herman hn, bandarlampung, terminal dikelola pusat

Wali Kota setujui Terminal Rajabasa diambil pusat

Wali Kota Bandarlampung Heman HN (FOTO: ANTARA Lampung/Kominfo Bandarlampung)

...Saya setuju jika pngelolaan terminal induk diambil alih pemerintah pusat agar pelayanan ke masyarakat bisa lebih maksimal, kata Herman...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Wali Kota Bandarlampung Herman HN menyetujui pengelolaan Terminal Induk Rajabasa diambil alih oleh Kementerian Perhubungan agar mutu pelayanannya lebih baik.

"Saya setuju jika pngelolaan terminal induk diambil alih pemerintah pusat agar pelayanan ke masyarakat bisa lebih maksimal," kata dia di Bandarlampung, Jumat.

Mengenai pengalihan personel, peralatan, dan aset terminal seluas 12 hektare tersebut, pihaknya tidak mempermasalahkannya, sebab ini untuk kepentingan bersama.

"Berkasnya pun sudah diserahkan sejak dua bulan lalu, sehingga tinggal serah terima saja," katanya.

Menurutnya, dengan penyerahan aset Rajabasa, beban pembiayaan pemkot akan menjadi lebih ringan.

"Saya senang kalau memang jadi diambil alih oleh pusat. Nanti `kan biaya pemeliharaannya bisa dialihkan untuk yang lain, seperti penyelenggaraan pendidikan atau kesehatan," kata dia.

Sebelumnya, Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Cris Kuntadi mengatakan, dalam waktu dekat seluruh kota yang mempunyai terminal tipe A akan melakukan penyerahan.

Dalam waktu dekat penyerahan aset ini bersamaan di kota yang memiliki terminal tipe A, kata dia.

pemerintah pusat menerima hibah dari pemerintah daerah, nantinya seluruh aset akan menjadi milik kementerian termasuk dengan pegawai.

Pegawai Dinas Perhubungan di daerah, akan dikelola langsung oleh pemeritah pusat termasuk seluruh aset di terminal.

"Terminal Rajabasa akan menyerupai bandara atau stasiun, pengantar cukup sampai di depan tidak perlu ikut masuk," kata dia.

Pihaknya akan merombak terminal secara keseluruhan. Nanti ada ruang tunggu khusus penumpang dan ruangan untuk sopir.

"Kita mengutamakan keselamatan penumpang. Diharapkan akan lebih baik lagi jika sudah dikelola lebih maksimal," kata dia  (Ant)