"Asean Heritage Parks" akan digelar di Lampung

id asean heritage parks, lampung tuan rumah the fifth of the asean heritage parks, bambang dahono aji

"Asean Heritage Parks" akan digelar di Lampung

Taman Nasional Way Kambas salah satu yang akan dipromosikan di AHP. (FOTO ANTARA: Dok)

...Acara ini juga rencananya akan ada pemberian nama dari Presiden Jokowi kepada gajah Sumatera dan badak Sumatera yang baru lahir di Taman Nasional Way Kambas," katanya...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Provinsi Lampung akan menjadi tuan rumah pada acara "The Fifth of The ASEAN Heritage Parks" (AHP) Committee Meeting pada 25 hingga 27 Juli 2016.

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Bambang Dahono Adji, di Bandarlampung, Rabu, menjelaskan bahwa alasan Provinsi Lampung dipilih menjadi tuan rumah dalam acara The Fifth of The ASEAN Heritage Parks Meeting adalah untuk mempromosikan Taman Nasional Way Kambas sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia.

 Menurutnya, acara ini berfungsi untuk menyediakan petunjuk bagi perencanaan dan pelaksanaan Taman Warisan ASEAN di seluruh kawasan itu.

"Pertemuan ini merupakan peluang bagi semua pihak berbagi informasi mengenai kemajuan yang dicapai serta evaluasi sistem untuk nominasi baru," katanya.

Ia mengatakan lebih lanjut bahwa dalam acara tersebut akan dihadiri oleh peserta yang berasal dari 10 negara ASEAN yaitu Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Indonesia.

"Acara ini juga rencananya akan ada pemberian nama dari Presiden Jokowi kepada gajah Sumatera dan badak Sumatera yang baru lahir di Taman Nasional Way Kambas serta anoa yang ada di Sulawesi," ujarnya.

Karena itu, pihaknya berharap dapat menjalin kerja sama dan sinergitas dengan jajaran Pemerintah Provinsi Lampung dalam mempersiapkan penyelenggaraan acara tersebut, sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia di mata negara ASEAN.

Plt Sekretaris Daerah Lampung sekaligus Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Sutono mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan jajaran terkait dalam mempersiapkan sebagai tuan rumah dalam acara The Fifth of The ASEAN Heritage Parks Committee Meeting pada akhir Juli mendatang.

"Tentunya ini kebanggaan bagi Provinsi Lampung dan kami akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik dalam mendukung acara tersebut, sehingga dapat berlangsung dengan lancar dan sukses," katanya.  (Ant)