Sabtu diprediksi puncak arus balik di Bakauheni

id Mudik,Sabtu diprediksi puncak arus balik di Bakauheni

Sabtu diprediksi puncak arus balik di Bakauheni

Arus balik pemudik Lebaran 2016 makin padat di Pelabuhan Bakauheni (ANTARA LAMPUNG/Agus Setyawan)

Bakauheni (Antara Lampung) - PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni memprediksi puncak arus balik terjadi pada Sabtu hingga Minggu.
    
"Arus balik pemudik sejak kemarin sudah mulai memadati pelabuhan Bakauheni, kita prediksikan akan terjadi puncak pada hari ini Sabtu (9/7) sampai Minggu (10/7)," kata GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Edi Hermawan, di Bakauheni, Sabtu malam.
    
Menurut dia, pemudik baik pejalan kaki maupun yang menggunakan kendaraan pribadi hingga sepeda motor hingga hari ini sekitar 17 persen dari total pemudik sebelum Lebaran.
    
"Hari ini berdasarkan data 24 jam hingga pagi tadi tercatat pemudik yang telah menyeberang sebanyak 80 ribu orang baik dalam kendaraan maupun pejalan kaki," kata Edi.
   
 Ia menyebutkan, Minggu merupakan hari terakhir libur karyawan atau pegawai libur sehingga diprediksi akan terjadi lonjakan pada hari ini dan besok pagi.
    
"Pemudik yang hari ini melakukan perjalanan karena berharap bisa beristirahat sebelum memulai aktivitas rutin bekerja," katanya. Sementara untuk pemudik yang memilih melakukan perjalan Minggu, ia melanjutkan, biasanya mereka yang tidak membutuhkan jarak tempuh panjang.
    
"Ya mungkin pemudik yang pulang ke Tangerang, Serang atau daerah sekitarnya, yang pasti tidak terlalu jauh sehingga masih sempat beristirahat sebelum masuk Senin (11/7)," kata Edi.
   
 Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin, saat meninjau Pelabuhan Bakauheni, menjamin tidak ada kemacetan yang mengganggu pemudik menempuh perjalanan menuju daerah asalnya di Provinsi Lampung.
    
"Semua sudah kita persiapkan, tadi juga saat meninjau jalur-jalu menuju tempat wisata terlihat kepadatan kendaraan. Tapi tidak macet karena masih bisa jalan walau sedikit demi sedikit," kata dia.
    
Ia juga menyebutkan, telah menginstruksikan jajarannya agar pelakukan pengamanan dan pengawalan ekstra terhadap kegiatan mudik lebaran tahun ini.
    
"Kendaraan yang parkir di bahu jalan juga sudah kita arahkan agar tidak sembarangan menggunakan jalan raya sebagai tempat berhenti, karena bisa memicu kemacetan," katanya.
    
Sementara itu, Kapolres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdia Saputra mengatakan pihaknya telah memaksimalkan penempatan personel guna mengawal arus balik lebaran.
    
"Sekitar 300 personel kita siapkan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kemacetan di wilayah pelabuhan," katanya. Sedangkan untuk jalur-jalur mudik-balik yang melintasi tempat wisata, aparat kepolisian melakukan pengaturan buka tutup agar tidak mengganggu arus balik pemudik menuju pelabuhan.
    
"Pagar betis atau penempatan personel berlapis juga sudah kita terapkan agar tidak menimbulkan kemacetan," ujarnya.