Polair patroli kawal Kapal Roro di Bakauheni

id patroli kapal, kawal kapal roro, pelabuhan bakauheni, arus mudik

Polair patroli kawal Kapal Roro di Bakauheni

Aparat Kepolisian Perairan Polda Lampung beserta jajaran Polres Lampung Selatan melakukan patroli pengawalan kapal "roll on roll off" di Selat Sunda, wilayah Pelabuhan Bakauheni, Sabtu )9/7) (FOTO: ANTARA Lampung/Agus Setyawan)

...Patroli rutin ini dilakukan setiap tiga jam sekali guna memaksimalkan keamanan dan kenyamanan pemudik saat melintasi Selat Sunda, kata Bahrudin...
Bakauheni, Lampung (ANTARA Lampung) - Aparat Kepolisian Perairan Polda Lampung beserta jajaran Polres Lampung Selatan melakukan patroli pengawalan kapal "roll on roll off" di Selat Sunda, wilayah Pelabuhan Bakauheni.

"Patroli rutin ini dilakukan setiap tiga jam sekali guna memaksimalkan keamanan dan kenyamanan pemudik saat melintasi Selat Sunda," kata Kasat Polair Polres Lampung Selatan, Iptu A Bahrudin, di Bakauheni, Lampung, Sabtu.

Menurut dia, pihaknya dibantu oleh jajaran Ditpolair Polda Lampung yang berjumlah 15 personel.

"Patroli itu dilakukan selain memberikan kenyamanan dan keamanan juga pihaknya mengimbau kepada seluruh penumpang kapal roro agar tidak duduk atau berada di pinggiran sehingga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," ujarnya.

Ia menyebutkan, pihaknya secara rutin melakukan pengawasan terhadap pelayaran di Pelabuhan Bakauheni. "Apalagi ini bersamaan dengan Operasi Ramadniya Krakatau 2016," ujarnya.

Terkait kendala, ia mengatakan tidak ada mengingat cuaca akhir-akhir ini cukup bersahabat sehingga pengawasan dan pemantauan berjalan lancar.

"Alhamdulillah, sejak H-7 lalu tidak ada kejadian yang menimbulkan kerugian terhadap pemudik. Mudah-mudahan hingga H+7 mendatang semua lancar dan aman," kata dia.

Komandan Kapal Patroli Laut 2003 Ditpolair Polda Lampung Brigadir Wartadi, mengatakan 15 personel dari Ditpolair Polda Lampung dibantu 10 anggota Polair Polres Lampung Selatan guna mengamankan pelayaran di pelabuhan ini.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan laut ataupun hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Berdasarkan pantauan, kapal patroli kita diperbantukan sejak H-7 hingga H+7 Lebaran.

Petugas patroli laut memberikan imbauan terhadap penumpang kapal ro-ro agar tidak duduk bersandar di tepian kapal. Mereka juga melakukan pelarangan kepada anak koin yang berenang di bawah kapal karena akan membahayakan pelayaran. (Ant)