Damri Siapkan Bus Bagi Penumpang Berkebutuhan Khusus

id Bus Damri Berkebutuhan Khusus, Bus Damri Bakauheni, Bus Damri Angkut Lansia-Balita

Damri Siapkan Bus Bagi Penumpang Berkebutuhan Khusus

Bus Damri yang disiapkan khusus angkut pemudik balita dan lansia di Bakauheni beroperasi 1-3 Juli 2016. (Foto: ANTARA Lampung/Budisantoso Budiman)

Bakauheni, Lampung Selatan (ANTARA Lampung) - Perum Damri menyiapkan bus angkutan bagi penumpang berkebutuhan khusus seperti ibu hamil, lanjut usia, balita, dan difabel dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan ke Terminal Induk Rajabasa Kota Bandarlampung Provinsi Lampung.

Menurut Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Yefri Hendri, di Bakauheni, Sabtu dini hari, layanan bus Damri itu merupakan kerja sama Perum Damri dengan PT ASDP setempat yang berlangsung selama tiga hari, 1-3 Juli 2016 pada arus mudik Lebaran 2016 ini.

"Kami membantu memfasilitasinya, bus disediakan oleh Perum Damri sebanyak sedikitnya tiga hingga sepuluh unit termasuk dukungan bus Trans Lampung," kata dia lagi.

Pada Sabtu dini hari, sejumlah penumpang lansia, ibu hamil, difabel, dan penumpang membawa balita yang baru turun dari kapal feri di Bakauheni setelah berlayar di Selat Sunda dari Pelabuhan Merak (Banten) diarahkan oleh petugas untuk menggunakan bus Damri khusus tersebut.

Penumpang itu diimbau meneruskan perjalanan dan tidak perlu menginap di sekitar kawasan Pelabuhan Bakauheni.

Mereka didata lebih dulu dalam manifes penumpang, untuk kemudian naik ke dalam bus Damri berpendingin udara (AC) dengan kapasitas 40-an penumpang.

Menurut beberapa petugas layanan dari Perum Damri Lampung maupun PT ASDP Bakauheni, sebagian penumpang yang menggunakan bus Damri itu digratiskan asalkan memenuhi kriteria tertentu. Namun sebagian lain tetap harus membayar dengan tarif Rp40.000 per penumpang.

"Ini kebijakan khusus untuk membantu pemudik lansia, ibu hamil, balita, dan difabel. Sebagian mereka gratis menggunakan bus Damri yang disediakan," ujar Erwin yang dibenarkan Jumadi, petugas layanan bus kerja sama Perum Damri dan PT ASDP tersebut.

Sejumlah penumpang bus Damri itu mengaku senang mendapatkan pelayanan khusus seperti itu, apalagi di antara mereka malah digratiskan ongkos sampai Terminal Induk Rajabasa dari Pelabuhan Bakauheni.

Arus penumpang mudik Lebaran 2016 dari Pelabuhan Merak (Banten) menuju Bakauheni (Lampung) berangsur meningkat pada Jumat hingga Sabtu akhir pekan ini, diperkirakan masih akan terus terjadi peningkatan hingga Minggu (3/7).

Namun sebaliknya, arus penumpang dari Terminal Rajabasa Bandarlampung ke Pelabuhan Bakauheni masih terbiang sepi dan belum terjadi lonjakan berarti.