Suasana Terminal Rajabasa masih lengang pada H-6

id uji kelaikan kedaraan, dishub bandarlampung, i kadek sumarta, menghadapi arus mudik, terminal rajabasa

 Suasana Terminal Rajabasa masih lengang pada H-6

Bus AKDP di Terminal Induk Rajabasa Bandarlampung. (FOTO: ANTARA Lampung/Budisantoso Budiman)

...Pada h-6 ini arus mudik penumpang masih seperti biasa, belum ada peningkatakan yang cukup berarti, kata Antoni...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Suasana di Terminal Rajabasa, Kota Bandarlampung pada enam hari menjelang atau H-6 Lebaran masih lengang karena belum ada peningkatan pemudik melalui terminal tersebut.

"Pada h-6 ini arus mudik penumpang masih seperti biasa, belum ada peningkatakan yang cukup berarti," kata Kepala Terminal Rajabasa, Antoni Makki di Bandarlampung, Kamis (30/6).

Dia mengatakan, meskipun ada peningkatan hanya sekitar enam persen dan paling banyak pemudik datang dari Pulau Jawa ke arah Sumatera seperti Palembang dan Jambi.

Ia melanjutkan, pada H-7 jumlah kedatangan penumpang mencapai 7.599, untuk keberangkatan 8.105 penumpang.

"Jumlah ini terus meningkat, terlebih besok hari terakhir kerja untuk PNS dan diperediksi arus mudik akan lebih meningkat pada H-4," kata dia.

Pada H-4, arus mudik penumpang diprediksi akan meningkat secara drastis terutama dari arah Pulau Jawa ke Sumatera, karena perusahaan sudah mulai libur pada Sabtu.

Sebaliknya dari arah Sumatera ke Pulau Jawa, akan mengalami peningkatan dan pihaknnya sudah mengantisipasinya terutama menyediakan bus utuk ke Pelabuhan Bakauheni.

"Kita sudah mengantisipasi lonjakan penumpang, terutama dari Bandarlampung ke sejumlah kabupaten dan kota yang di Provinsi Lampung," kata dia.

Kemudian, persiapan terminal pun telah siap 100 persen dan pengamanan dari pihak kepolisian pun sudah mulai sejak kemarin.

Kepala Dishub Bandarlampung, I Kadek Sumarta mengatakan untuk Lebaran ini pihaknya sudah mengeluarkan 300 stiker untuk kendaraan yang lulus pada uji kelaikan angkutan Lebaran.

"Dishub telah mengeluarkan 300 stiker lebih tanda lulus uji kelaikan, berasal dari empat tim. Yang masing-masing tim telah mengeluarkan 75 stiker," katanya.

Ia mengatakan, untuk persiapan Terminal Rajabasa dalam menyambut musim mudik tahun ini, sudah siap 100 persen.

"Terminal Rajabasa sudah siap menghadapi lonjakan pemudik," kata dia.

Ia melanjutkan, pihaknya telah menempatkan petugas dishub di Terminal Rajabasa sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 15 orang petugas dishub dan 15 orang petugas LLAJ.

Menurutnya, puncak arus mudik tahun ini akan terjadi pada hari Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7), sebab pada hari tersebut telah masuk liburan panjang menyambut Hari Raya Indul Fitri 1437 H. (Ant)