Wagub Lampung minta Plt Sekda jadi panutan

id sutono-plt-sekdaprov, wagub bachtiar basri

Wagub Lampung minta Plt Sekda jadi panutan

Wakl Gubernur Bachtiar Basri menyerahkan SK pengangkatan Sutono sebagai Plt Sekdaprov Lampung. (FOTO:ANTARA Lampung/Ist))

...Sekretaris daerah juga berperan dalam mengharmonikan dan mendorong implementasi kebijakan pembangunan yang digariskan Kepala Daerah, katanya...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri meminta Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Ir Sutono, MM dapat menjadi pengayom dan panutan bagi seluruh elemen masyarakat maupun aparatur sipil negara dalam memajukan daerah itu.

"Selain itu, Plt Sekda dapat mewujudkan diri selaku aparatur yang berkualitas, profesional, dinamis dan mandiri," kata dia pada penyerahan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 29/K/2016 tentang Kenaikan Pangkat Pengabdian dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil kepada Arinal Djunaidi yang memasuki purna bakti di Bandarlampung, Kamis (30/6).

Wagub mengatakan, usia pengabdian PNS hingga usia 58 tahun. "Pengabdian Arinal Djunaidi sebagai PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung hingga mencapai usia purna bakti seperti sekarang, patut disyukuri sebagai karunia dan rahmat dari Allah SWT. Yang sungguh membanggakan karena tidak semua PNS bisa sampai pada titik batas pengabdian yang diharapkan," ujarnya.

Guna memperlancar kinerja pembangunan dan menghindari kekosongan jabatan, maka ditunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Lampung.

Jabatan Sekretaris Daerah merupakan jabatan tertinggi dalam jenjang karier PNS. Karena itu, sebagai sekretaris daerah hendaknya mampu menjalankan tugas dengan menegakan dan mengakomodir berbagai peraturan perundang-undangan, baik yang berhubungan dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta peraturan yang bersifat publik.

Gambaran berat ke depan yang harus dilalui adalah perkembangan perubahan yang berlangsung dengan cepat dan fluktuatif serta sulit diprediksisehingga membutuhkan observasi dan kecermatan dalam menyikapinya.

Di samping itu tugas pelayanan kepada masyarakat harus dilaksanakan secara lebih efisien, efektif, adil dan transparan.

Sekretaris daerah bertanggung jawab membina aparatur di bawahnya. Selain itu, juga berperan dalam mengharmonikan dan mendorong implementasi kebijakan pembangunan yang digariskan Kepala Daerah.

"Sehingga roda pemerintahan berjalan sesuai yang diharapkan. Dengan demikian, Sekda memiliki peranan yang sangat strategis dalam sebuah pemerintahan daerah," kata Bachtiar pula.

Wagub menilai selama menjabat sebagai Sekda Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi telah melakukan peranannya dengan baik.

"Banyak kebijakan dan ide-ide baru yang kita jalankan. Serta atas segala peran serta, dukungan dan karyanya terhadap pembangunan Provinsi Lampung terlebih dukungannya terhadap gubernur dan wagub dalam memimpin Provinsi Lampung," katanya.(Ant)