Polda Lampung Terjunkan 4.805 Personel Amankan Mudik

id Kapolda lampung, pengamanan mudik

 Polda Lampung Terjunkan 4.805 Personel Amankan Mudik

Kapolda Lampung Brigjen Pol Ike Edwin (Foto Antaralampung.com/Agus Setyawan)

Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menurunkan sebanyak 4.805 personel guna mengamankan jalur mudik-balik Lebaran 2016.

"Keamanan, ketertiban lalu lintas serta kelancaran arus mudik-balik lebaran menjadi prioritas aparat kepolisian dalam menjaga kondisi dan stabilitas selama perayaan Idul Fitri mendatang," kata Kapolda Lampung Brigjen Pol Ike Edwin, di Bandarlampung, Kamis.

Menurut dia, pihaknya telah mempersiapkan segala perlengkapan guna mengantisipasi segala kemungkinan yang mungkin terjadi sehingga menimbulkan gangguan keamanan.

"Semua jajaran, baik Sabhara, Brimob, Gegana serta jajaran Polres se Lampung sudah kita siapkan agar pelaksanaan arus mudik dapat berjalan lancar dan aman," ujarnya.

Terkait sebaran personel, Kapolda Lampung menegaskan semua ditempatkan pada objek objek vital dan wilayah sepi sehingga dapat mencegah terjadinya kerawanan yang merugikan masyarakat.

"Jalur jalur sepi yang akan menjadi prioritas penjagaan, bahkan satuan lalu lintas juga telah mempersiapkan guna melakukan pengawalan serta patroli sehingga tidak ada pengendara yang ugal-ugalan yang dapat mengganggu ketertiban jalan raya," kata dia.

Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih mengatakan, personel gabungan Polda Lampung dan jajaran ini akan bertugas sejak 30 Juni hingga 15 Juli 2016.

Dalam pelaksanaan Operasi Ramadniya 2016 ada beberapa target yang harus dicapai yakni, terwujudnya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan perayaan Idul Fitri 1437 Hijriah baik pada saat beribadah puasa, shalat tarawih, shalat Idul Fitri, tempat wisata, maupun berbagai aktivitas lainnya.

Ia menyebutkan, terwujudnya keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas bagi masyarakat yang bepergian dengan menggunakan beragam moda transportasi.

Berdasarkan data, personel gabungan itu terdiri dari, Polda Lampung sebanyak 1.019 personel, Polresta Bandarlampung dan jajaran sebanyak 600 personel, Polres Lampung Selatan berjumlah 531 personel, Polres Lampung Tengah berjumlah 450 personel.

Polres Lampung Timur berjumlah 618, Polres Metro berjumlah 268 personel, Polres Tulangbawang berjumlah 245 personel, Polres Lampung Utara berjumlah 330 personel, Polres Way Kanan berjumlah 260 personel, Polres Lampung Barat berjumlah 190 personel, Polres Tanggamus berjumlah 204 personel, dan Polres Mesuji berjumlah 90 personel.