Kemenkes siapkan posko kesehatan di jalur mudik

id Menteri kesehatan, nila f Moeloek, posko kesehatan, jalur mudik

Kemenkes siapkan posko kesehatan di jalur mudik

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

...Kami sudah siapkan posko kesehatan sebanyak 3100 di titik titik jalur mudik dari pantura sampai Makassar, kata Nila...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan sekitar 3.100 posko kesehatan yang siap melayani pemudik di sejumlah titik pada jalur mudik Lebaran 2016.

"Kami sudah siapkan posko kesehatan sebanyak 3100 di titik titik jalur mudik dari pantura sampai Makassar," kata Menkes Nila F Moeloek usai acara penyerahan zakat oleh para menteri Kabinet Kerja dan pejabat eselon I kementerian/lembaga di Istana Negara Jakarta, Kamis.

Ia menyebutkan posko-posko kesehatan itu termasuk yang ada di puskesmas dan rumah sakit.

"Kemarin kami sudah meninjau sejumlah posko kesehatan itu. Petugas kesehatan siap melayani 24 jam," katanya.

Dalam kesempatan itu, Menkes meminta kepada para pengemudi untuk beristirahat tiap empat jam sekali.

"Kami akan periksa tekanan darah, alkohol dan obat obatan yang bikin ngantuk. Kami ingatkan terus kalau sudah lelah harus istirahat dan semua itu gratis biasanya mereka mau," katanya.

Mengenai letak posko kesehatan itu, Menkes mengatakan ada banyak. "Yang saya tengok itu ada di Airport Cengkareng, Terminal Tirtonadi dan banyak lainnya," katanya.

Sementara itu mengenai kasus vaksin palsu, Menkes mengatakan barang sitaan terkait kasus itu sudah ada Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk diteliti.

"Sebagian akan selesai hari ini, saya ingin tahu apa isi kandungannya karena dampaknya sangat berbahaya bagi orang khususnya anak-anak, jadi kita tunggu," kata Menkes.