Ombudsman tinjau kesiapan layanan RSUDAM Lampung

id ombodsmen tinjau rsudam

Ombudsman tinjau kesiapan layanan RSUDAM Lampung

Ombudsman Republik Indonesia (RI) bersama Gubernur Lampung Ridho Ficardo meninjau Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung untuk mengetahui kesiapan dalam menghadapi pasien saat mudik Hari Raya (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

...Kesiapan rumah sakit menjadi salah satu perhatian Ombudsman karena merupakan bagian vital dalam pelayanan arus mudik yaitu bidang kesehatan, kata Adrianus...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Ombudsman Republik Indonesia meninjau kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah dr H Abdul Moeloek (RSUDAM) Bandarlampung dalam memberikan pelayanan saat Lebaran 2016.

Pimpinan Ombudsman RI Adrianus Meliala memimpin peninjauan kesiapan sarana dan prasarana RSUDAM Lampung, di Bandarlampung, Selasa (28/6) malam.

Pelayanan RSUDAM dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2016 menjadi salah satu perhatian utama Ombudsman RI, mengingat RS merupakan satu-satunya yang dikelola Pemprov Lampung dan memiliki kapasitas 583 tempat tidur dengan dukungan 116 dokter.

Peninjauan itu, untuk mengetahui kesiapan dan kelengkapan fasilitas rumah sakit dalam menghadapi musim mudik Lebaran 2016.

Menurut Adrianus, peninjauan ke RSUDAM Lampung merupakan bagian dari program Ombudsman untuk melakukan pengawasan terhadap pelayanan dan fasilitas arus mudik.

"Kesiapan rumah sakit menjadi salah satu perhatian Ombudsman karena merupakan bagian vital dalam pelayanan arus mudik yaitu bidang kesehatan," kata Adrianus pula.

Dalam kunjungan tersebut, Ombudsman memeriksa ketersediaan kamar, kesiapan obat-obatan, dan tim medis.

Selain itu, juga mengecek kesiagaan tim medis dan sarana pendukung, seperti ambulans dalam mengantisipasi kecelakaan selama arus mudik yang juga menjadi perhatian ombudsman.

Selain RSUDAM itu, Ombudsman juga melakukan peninjauan ke sejumlah RS yang berada di Jalan Lintas Sumatera.

RSUDAM merupakan RS tipe B yang dikelola oleh Pemprov Lampung, saat ini sedang melakukan renovasi untuk meningkatkan ketersediaan fasilitas kesehatan dan pelayanan kepada masyarakat.(Ant)