Kapolda Lampung Minta Polair Jaga Kekayaan Laut

id Kapolda, ditpoair, brigjen ike edwin

Kapolda Lampung Minta Polair Jaga Kekayaan Laut

Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin saat memberikan sambutan pada acara buka bersama Ditpolair Polda Lampung, Senin. (27/6) (FOTO: ANTARA Lampung/Agus Setyawan)

Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Kepala Kepolisian Daerah Lampung Brigadir Jenderal Ike Edwin mengatakan kepolisian perairan harus mampu menjaga kelestarian dan kekayaan potensi perikanan laut di provinsi itu.

"Saya berharap Polair dapat lebih mengefektifkan jajarannya dalam menjaga kekayaan alam perairan laut sehingga masyarakat dapat lebih meningkatkan kesejahteraan mereka," kata dia saat buka bersama Ditpolair Polda Lampung, Senin.

Menurut dia, kita mengetahui banyak hasil budidaya laut seperti teri yang diproduksi di Pulau Pasaran. "Selama ini lebih dikenal dengan teri Medan, padahal itu diproduksi di Lampung, karena dikirim ke Medan maka berubah menjadi teri daerah itu," katanya.

Kapolda berharap yang seperti itu dapat lebih dipatenkan sehingga semua kekayaan Lampung dapat ke luar daerah dengan sebutan asalnya.

"Dengan kata lain, kita dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah ini," ujarnya.

Kapolda meminta Ditpolair dapat mewujudkan inovasi seperti kegiatan lomba berenang satu kilometer sehingga bisa menjadi ikon wisata.

"Berenang satu kilometer ini, diperkirakan hanya berkisar 30 menit sehingga masyarakat tidak jenuh untuk menyaksikan kegiatan tersebut," kata dia.

Lomba itu, katanya, selain sebagai ajang wisata bisa juga dijadikan sebagai kampanye perlindungan terhadap alam laut kita yang kaya akan potensinya.

"Kita beri hadiah motor, pasti banyak masyarakat yang ikut mendaftar. Coba dirancang sehingga dapat menjadikan perairan Teluk Lampung lebih terjaga baik dari pengrusakan atau lainnya," kata dia.

Mengenai buaya yang masuk ke laut melalui muara, Ike mengatakan, lomba berenang ini bisa menjadi salah satu upaya penangkapan satwa tersebut sehingga tidak lagi meresahkan warga.

"Namanya muara, bisa dipastikan ada buaya, jadi tidak perlu takut, asalkan semua saling waspada dan bekerja sama pasti bisa mengatasinya," kata dia.

Terselenggaranya kegiatan lomba berenang itu diharapkan dapat mewujudkan salah satu keistimewaan Ditpolair Polda Lampung di mata masyarakat khususnya wilayah setempat.

Di kesempatan yang sama, Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin mengucapkan selamat berulang tahun ke-46 kepada Direktur Polair Polda Lampung, Kombes Rudi Hermanto.*