BNN Lampung gelar tes urine untuk supir

id kepala bnn lampung, zulkifli, tes urine sopir, terminal rajabasa

BNN Lampung gelar tes urine untuk supir

Kepala BNN Provinsi Lampung Kombes Zulkifli (tengah) saat memberikan keterangan kepada wartawan Sabtu (25/6) (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

...Langkah ini diambil sebagai pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan supir, kata Kepala BNN Provinsi Lampung Zulkifli...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Lampung menggelar tes urine terhadap puluhan supir di Terminal Rajabasa Bandarlampung sebagai pencegahan pemakaian narkoba saat berkendara khususnya sepanjang arus mudik lebaran 2016.

"Langkah ini diambil sebagai pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan supir," kata Kepala BNN Provinsi Lampung Kombes Zulkifli di Bandarlampung, Sabtu.

Tes hari ini dilakukan sejak pagi hingga siang hari dan telah melakukan tes urine tehadap 35 lebih supir bus dan semua hasilnya negatif.

Dia mengatakan, tes ini dilakukan agar para supir saat berkendara tidak terpengaruh narkoba, sebab kecelakaan terjadi bukan hanya kelalaian atau mengantuk tapi bisa juga akibat pengaruh narkoba dan minuman keras.

"Tadi ada yang positif tapi karena mengkonsumsi obat dari dokter dan kami sarankan ke Dishub agar supir diganti dengan alasan sakit," kata dia.

Ia menjelaskan, tes urine ini hanya diperuntukan bagi para sopir bus AKAP dan AKDP, yang akan bertugas selama arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

Ia menegaskan, jika didapati ada yang terbukti mengkonsumsi narkotika, pihaknya akan memberlakukan rehabiltasi bagi si pengguna.

"Langsung kita rehabilitasi, dan tes urine ini dilakukan gratis demi kenyamanan para penumpang," kata dia.

Selain itu, yang positif narkoba akan ditindaklanjuti dan jika ada barang bukti tentunya supir tersebut akan diproses secara hukum.

Tes urine ini pun akan diberlakukan juga bagi masisinis, nahkoda dan pilot yang bertugas selama arus mudik.

Kegiatan ini akan terus dilakukan selama arus mudik lebaran, harapannya tes ini dilakukan bukan hanya pada saat momen lebaran tapi menjadi program rutin BNN, tambahnya.(Ant)