Bagus ! Pemkot tutup "U Turn" Jalinsum

id Bagus ! Pemkot tutup U Turn Jalinsum

Bagus ! Pemkot tutup "U Turn" Jalinsum

Tronton dan truk makin ramai melintasi Jalinsum menjelang Lebaran (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (Antara Lampung) - Pemerintah Kota Bandarlampung akan kembali menutup jalur putar balik atau "U Turn" di Jalan Soekarno-Hatta atau ruas Lintas-Sumatra yang telah dibuka oleh warga untuk menghindari kecelakaan di wilayah tersebut terutama saat tingginya arus mudik Lebaran.
         
"Padahal putaran tersebut sudah saya tutup, tapi kembali dibuka oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," kata Wali Kota Bandarlampung Herman HN, Sabtu.
         
Putaran balik yang telah ditutup ada di pertigaan Jalan Turi Raya, namun kembali dibongkar oleh oknum warga.
         
Pemkot menutupnya karena di lokasi tersebut rawan kecelakaan, tapi jika kembali dibuka, maka akan ditutup lagi.
         
"Akan kami tutup lagi habis Lebaran. Kalau sekarang untuk arus mudik, dan kami sudah lapor polisi terkait masalah itu meskipun itu jalan (milik pemerintah) pusat. Jadi yang memiliki kewenangan pemerintah pusat," katanya.
         
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandarlampung I Kadek Sumartha, mengatakan pihaknya sudah mendengar banyak putaran balik yang dibuat oknum warga, padahal pemkot melakukan penutupan karena lokasi tersebut rawan kecelakaan.
         
"Dishub tidak melakukan pembukaan putaran balik yang baru ditutup itu karena mamang di sana rawan kecelakaan makanya ditutup," katanya.
         
Pihaknya  mengira pembukaan putaran balik tersebut dilakukan oleh dinas Pekerjaan Umum, namun setelah berkoordinasi dinas tersebut tidak melakukan pembongkaran..
         
Langkah yang dilakukan pemkot selain menutup, telah  mencabut rambu lalu lintas yang terpasang di putaran balik tersebut.
         
"Kami sudah copot rambu yang dipasang di sana, karena bukan kami yang memasang," kata dia.
        
Sementara informasi yang terhimpun menyebutkan bahwa warga terpaksa melakukan hal tersebut karena untuk berputar kendaraan cukup jauh.

U Turn liar itu terdapat di banyak titik, seperti depan SPBU Kalibalok, kawasan jembatan layang Kalibalok dan lainnya.