Tol Sumatera Tak Masuk Jalur Mudik Lebaran

id Tol sumatera, mudik

Tol Sumatera Tak Masuk Jalur Mudik Lebaran

Kondisi jalan tol trans Sumatera, wilayah Lampung. Foto diambil Jumat (24/6/16) (Foto/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Direktur Lalu Lintas Polda Lampung Kombes Prahoro Tri Wahyono mengatakan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang sedang dalam pembangunan tidak masuk dalam jalur mudik Lebaran 2016.

"Kami tidak merekomendasikan JTTS dipergunakan sebagai jalur mudik dan balik pada Lebaran tahun ini," kata dia, di Bandarlampung, Jumat.

Menurutnya, jalur tersebut tidak menjadi alternatif karena masih banyak persoalan seperti kondisi jalan, pintu tol yang belum bisa dipergunakan serta rambu-rambu dan penerangan jalan tidak tersedia.

"Kondisinya sangat tidak memungkinkan, dan kalau dipaksakan dikhawatirkan akan menimbulkan persoalan baru pada kelancaran arus mudik-balik Lebaran," kata Prahoro.

Tidak hanya itu, lokasi yang pintu masuknya dari ujung Tanjungbintang-Sutami dan keluar di ujung Sukarame di Kotabaru, sehingga tidak masuk dalam jalur mudik dan balik.

"Jalur yang digunakan pada tiga perlintasan Jalan Lintas Sumatera, yakni Jalan Lintas Timur, Lintas Tengah, dan Lintas Barat, semuanya bisa digunakan tak ada masalah," ujarnya lagi.

Terkait kendala, ia mengatakan mudah-mudahan hanya di Jembatan Lempuyang Kabupaten Lampung Tengah yang masih dilakukan perbaikan. "Tapi, secara keseluruhan tidak menjadi persoalan serius, sehingga kami siap melaksanakan dan melayani demi kelancaran arus mudik-balik Lebaran," kata dia pula.

Dia menegaskan, kesiapan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung sebanyak 15 armada kendaraaan patroli yang terbagi dalam tiga wilayah di Jalan Lintas Timur, Barat, dan Tengah Jalinsum.

"Semua persiapan sudah dilaksanakan, dan kapolda juga menurunkan personel Brimob, untuk menyiagakan penembak jitu maupun melakukan pengawalan pemudik," ujarnya.