Ketua MPR resmikan Perpustakaan Seru Krakatau

id ketua mpr ri, zulkifli hasan, resmikan perpustakaan seru, di masjid agung, kalianda

Ketua MPR resmikan Perpustakaan Seru Krakatau

KETUA MPR RI Zulkifli Hasan (bersorban emas merah) dan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan (kiri) menandatangi peresmian Perpustakaan Seru Krakatau di Masjid Agung Kalianda, Lampung Selatan, Rabu, (22/6). (FOTO: ANTARA Lampung/Humas & Protokol Pem

...Masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan perpustakaan ini dengan optimal. Karena sebagaimana ajaran lslam pertama kali Iqro yaitu perintah membaca, ujar Zulkifli...
Kalianda, Lampung  (ANTARA Lampung) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meresmikan Perpustakaan Seru Krakatau, berlokasi di Masjid Agung Kalianda Lampung Selatan yang memiliki koleksi sebanyak 48.814 buku bacaan dari 35.407 judul.

"Saya mengharapkan keberadaan perpustakaan dapat meningkatkan minat baca masyarakat. Apalagi koleksi buku-buku bacaan terbilang lengkap, baik berupa buku ilmu pengetahuan populer, ilmu-ilmu terapan di bidang pertanian, perikanan, peternakan dan kewirausahaan," kata Zulkifli di Kalianda, Lampung Selatan, Rabu.

Ia juga berharap masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan perpustakaan ini dengan optimal. Karena sebagaimana ajaran lslam pertama kali Iqro yaitu perintah membaca. Dengan membaca dapat meningkatkan kemampuan tidak hanya secara kognitif tapi juga afektif.

Menurutnya, perpustakaan tersebut juga memliki fasilitas lainya berupa 30 unit komputer dan fasilitas internet WIFI yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi mengharapkan perpustakaan ini dapat dinikmati masyarakat hingga pelosok desa.

Pihaknya juga telah memberikan bantuan buku di beberapa desa di Kabupaten Lampung Selatan, antara lain Desa Tanjung Jaya, Desa Gedung Harapan, Desa Krinjing melalui kegiatan Gerbang Desa Saburai.

"Ke depan Provinsi Lampung berencana membangun perpustakaan termegah di Indonesia sebagai pusat informasi, dokumentasi, sarana pendidikan dan pelatihan, serta tempat penelitian bagi para peneliti dan cendikiawan," katanya.

Di sisi lain, lanjutnya, perpustakaan ini juga nantinya akan dipergunakan untuk pengabdian bagi masyarakat dan memberikan fungsi rekreasi yang positif untuk pencerdasan dan tambahan pengetahuan bagi masyarakat di Provinsi Lampung.

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan menyampaikan, perpustakaan Seru Krakatau ini letaknya di lantai bawah Masjid Agung Kubah Intan Kalianda dalam rangka memakmurkan masjid.

"Sebagaimana fungsi masjid yaitu tempat pendidikan. Selain itu untuk mendekatkan generasi muda kepada masjid," ujar Bupati.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menyadari akan pentingnya budaya gemar membaca. Oleh karena itu ke depan akan dibangun perpustakaan di seluruh desa dan kelurahan yang berada dalam wilayah Lampung Selatan.

"Diharapkan kegiatan ini mendapat dukungan dari semua pihak hingga dapat berjalan dengan baik," tambahnya.(Ant)