AU India kini punya pilot tempur perempuan

id AU India kini punya pilot tempur perempuan

AU India kini punya pilot tempur perempuan

AU India kini punya pilot tempur perempuan (fireflydaily.com)

New Delhi (Antara/Xinhua-OANA) - Dalam tindakan bersejarah, tiga perempuan diterima sebagai pilot pertama pesawat tempur di Angkatan Udara India pada Sabtu.
        
Ketiga perempuan kadet tersebut secara resmi diterima di Angkatan Udara sebagai pilot pesawat tempur di Air Force Academy di Hyderabad dalam upacara yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan India Manohar Parrikar.
        
Setelah menerima penugasan, ketiga perempuan pilot pesawat tempur tersebut --Bhawana Kanth, Mohana Singh dan Avani Chaturvedi-- akan menjalani pelatihan selama satu tahun untuk bisa masuk kokpit pesawat tempur.
        
"Tak ada konsesi buat kami. Kebugaran fisik atau ketahanan mental, tes sama," kata Mohana Singh, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu petang.
        
Ketiga perempuan itu, semuanya berusia pertengahan 20-an tahun, sebenarnya adalah bagian dari tim perempuan enam-anggota yang bersaing untuk memperoleh tempat di Angkatan Udara India sebagai pilot tempur. Tiga perempuan lagi tak berhasil pada saat ini.
        
India untuk pertama kali mengizinkan kadet perempuan memasuki kokpit pesawat tempur pada Oktober tahun lalu, setelah Kementerian Pertahanan memberi izin bagi rencana Angkatan Udara untuk menerima perempuan sebagai pilot tempur.