Investor Jepang minati tol laut ke Indonesia bagian timur

id Tol Laut,Investor Jepang minati tol laut ke Indonesia bagian timur

Investor Jepang minati tol laut ke Indonesia bagian timur

KMP Mutiara yang merupakan bagian tol laut Lampung-Jakarta dan Surabaya (FOTO: ANTARA Lampung/Agusta Hidayatullah)

Jakarta (Antara Lampung) - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengidentifikasi minat investor Jepang berinvestasi senilai Rp365 miliar pada bidang jasa angkutan (tol) laut dalam negeri untuk barang khusus dari Surabaya ke wilayah timur Indonesia termasuk Papua.
        
Minat investasi tersebut diidentifikasi dalam pertemuan satu per satu yang dilakukan dengan sejumlah perusahaan potensial saat kunjungan kerja Kepala BKPM Franky Sibarani ke Jepang.
        
"Kami akan memfasilitasi minat investasi yang tergolong strategis tersebut. Program tol laut bertujuan untuk mempermudah arus barang terutama di daerah Indonesia timur. Ini akan berdampak positif pada pemerataan pembangunan," kata Franky dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.
        
Menurut Franky, minat investasi dari perusahaan jasa angkutan laut Jepang tersebut diharapkan dapat segera direalisasikan.
        
"Untuk proses komitmen investasi kami harapkan dapat dilakukan tahun ini, sehingga dapat dikawal hingga proses realisasi investasi," katanya.
        
Selain minat di bidang jasa angkutan laut, Franky juga menerima dua perusahaan Jepang lainnya yang menyampaikan minatnya untuk berinvestasi di Indonesia.
        
Satu perusahaan yang bergerak di bidang industri "sanitary napkin" (pembalut) berminat untuk memperluas usahanya sedangkan satu perusahaan lain di bidang komponen otomotif akan segera berdiri dengan membangun pabrik di daerah Karawang.