Kembali wartawan tewas di Afghanistan

id Kembali wartawan tewas di Afghanistan

Kembali wartawan tewas di Afghanistan

David Gilkey (facebook.com)

Kabul (Antara/Reuters) - Seorang wartawan foto senior asal Amerika Serikat dan penerjemah lokal yang bekerja untuk NPR tewas terbunuh saat mengikuti pasukan pemerintah di wilayah selatan Afghanistan pada Ahad, demikian NPR dan pejabat militer setempat menyatakan.
         
David Gilkey dan Zahibullah Tamana saat itu berada di dalam mobil Humvee milik tentara Afghanistan. Mereka dalam perjalanan dari ibu kota Provinsi Helmand, Lashkar Gah, menuju kota Marjah saat kendaraan tersebut terkena serangan rudal 82mm oleh kelompok Taliban.
         
Serangan itu terjadi pada pukul 14.30 siang waktu lokal dan juga menewaskan supir kendaraan, demikian keterangan juru bicara Korps Atal dari militer Afghanistan, Shakil Ahmad Tasal.
         
Gilkey dan Tamana saat itu tengah bertugas dengan sesama jurnalis NPR lainnya, Tom Bowman dan Monika Evstatieva, yang selamat, demikian keterangan NPR.
         
Gilkey adalah wartawan veteran yang memperoleh penghargaan atas liputannya di Afghanistan dan sejumlah wilayah konflik lain.
         
"David terus meliput peperangan dan konflik di Irak dan Afghanistan sejak peristiwa 9/11. Dia mengabdikan hidupnya agar masyarakat dapat melihat kondisi peperangan dan juga orang-orang yang terjebak di tengahnya," kata Michael Oreskes, Wakil Direktur Senior NPR untuk Pemberitaan dan Editorial.
         
Jalan dari Marjah menuju Lashkar Gah hanya baru-baru ini dibuka kembali oleh pasukan keamanan setelah munculnya pertempuran di wilayah tersebut.
         
Secara umum, Provinsi Helmand memang merupakan medan pertempuran antara geilyaran Taliban dan pasukan pemerintah.
         
Afghanistan adalah salah satu negara yang paling berbahaya bagi pekerja media. Menurut perhitungan Komite Perlindungan Jurnalis, sedikitnya 27 wartawan tewas saat bertugas di sana sejak 1992.
         
Pada Januari lalu, sebanyak tujuh wartawan sebuah televisi besar di Afghanistan tewas terkena bom bunuh diri di Kabul. Jurnalis asing yang tewas sebelum Gilkey adalah fotografer Associated Press, Anja Niedringhaus, yang mati ditembak polisi lokal saat meliput pemilu tahun 2014.

Penerjemah : GMNLintang/A Ahdiat