Wagub : Pembangunan irigasi tingkatkan produksi pertanian

id wagub jembatan lamteng, bachtiar basri, jembatan way tetayan, lampung tengah, ground breaking

Wagub : Pembangunan irigasi tingkatkan produksi pertanian

Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri (tengah) pada peletakan batu pertama pembangunan Bendungan Way Tatayan di Desa Sri Agung,Padang Ratu, Lampung Tengah, Jumat (3/6) (FOTO: ANTARA Lampung/Humas Pemkab Lampung Lampung Tengah)

...Pembangunan Bendungan Way Tatayan dan rehabilitasi jaringan irigasi di Kabupaten Lampung Tengah diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian terutama padi, kata Bachtiar...
Lampung Tengah  (ANTARA Lampung) - Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mengatakan pembangunan bendungan irigasi di daerah itu dapat meningkatkan produksi pertanian dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional.

"Pembangunan Bendungan Way Tatayan dan rehabilitasi jaringan irigasi di Kabupaten Lampung Tengah diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian terutama padi," kata Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri, pada acara pemancangan tiang pancang pembangunan Bendungan Way Tatayan di Desa Sri Agung, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat.

Ia menyebutkan, Provinsi Lampung merupakan salah satu provinsi yang dijadikan sasaran dalam hal ketahanan pangan untuk mendukung program Nawacita pemerintah pusat.

Menurut dia, hal itu tidak berlebihan, karena pemerintah pusat memiliki penilaian tersendiri terhadap Provinsi Lampung yang mampu mendukung suksesnya program tersebut. Terlebih lagi, Provinsi Lampung memiliki potensi sumber daya alam, khususnya bidang pertanian yang masih harus terus digali dan dikembangkan.

Bachtiar Basri mengatakan, untuk menunjang hal tersebut tentunya Pemerintah Provinsi Lampung memberikan dukungan terhadap kesiapan sarana dan prasarana. Salah satu prasarana pendukung keberhasilan program bidang pertanian adalah kesiapan infrastruktur dalam bidang pengairan yaitu adanya perbaikan ataupun peningkatan jaringan irigasi.

Pada tahun 2016, melalui Dinas Pengairan dan Pemukiman, melaksanakan program dan kegiatan peningkatan dan rehabilitasi jaringan irigasi di 16 daerah irigasi kewenangan Provinsi Lampung. Diharapkan, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, irigasi akan menjadi mantab serta produksi akan meningkat.

"Selain itu, Pemerintah Provinsi Lampung juga memberikan perhatian lebih, yaitu dengan menyiapkan sarana mobilitas bagi para penjaga pintu air serta pihak pihak yang terkait. Diharapkan dengan adanya bantuan sarana mobilitas tersebut, setiap personil dapat bekerja lebih keras lagi, bergerak cepat dan bertindak tepat," jelasnya.

Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menjelaskan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Lampung atas berbagai program pembangunan yang dialokasikan di kabupaten ini.

Menurut dia, hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Lampung Tengah. Ke depan pihaknya berharap dapat meningkatkan kinerja dan fasilitas sesuai dengan berbagai program pembangunan Provinsi Lampung yang sedang berjalan.

Kepala Dinas Pengairan dan Pemukiman Provinsi Lampung Edarwan mengatakan pihaknya akan berupaya keras untuk dapat menyelesaikan pembangunan bendungan di Way Tatayan dan rehabilitasi jalur irigasi pada akhir 2016.

"Target pembangunan 5-6 bulan, kita kejar sebelum hujan turun selesai dulu pekerjaan di bawah harus tahun ini," ujarnya.(Ant)