Dosen Universitas Muhammadiyah Metro Raih Gelar Doktor

id Dosen Umm, Metro Lampung, Raih Gelar Doktor

Dosen Universitas Muhammadiyah Metro Raih Gelar Doktor

Dosen Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) Prima Angkupi meraih gelar doktor Ilmu Hukum dalam ujian promosi yang digelar di Gedung Wisma Anugerah Universitas Trisakti Jakarta, Senin (30/5).(FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

...Disertasi ini merupakan kajian hukum dalam perspektif budaya hukum dan kepatuhan masyarakat sehingga kajiannya adalah interdisipliner, bahkan kental dengan suasana kriminologi, ujarnya...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Dosen Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) Provinsi Lampung Prima Angkupi meraih gelar doktor Ilmu Hukum dalam ujian promosi yang digelar di Gedung Wisma Anugerah Universitas Trisakti Jakarta, Senin (30/5).

Menurut Prima saat dihubungi dari Bandarlampung, gelar doktor itu diterima setelah berhasil mempertahankan disertasi yang berjudul "Konstruksi Budaya Hukum Masyarakat Dalam Menghadapi Kejahatan `Cyberporn`."

Prima menjelaskan bahwa tema disertasi itu merupakan hasil diskusinya dengan Dr Heni Siswanto, dosen UMM yang juga dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila).

Metode yang digunakan dalam penelitian disertasinya adalah sosio legal yang merupakan anjuran dari almarhum Prof Arif Shidarta saat masih mengajar di Program Doktor Ilmu Hukum Trisakti.

"Disertasi ini merupakan kajian hukum dalam perspektif budaya hukum dan kepatuhan masyarakat sehingga kajiannya adalah interdisipliner, bahkan kental dengan suasana kriminologi," ujarnya.

Menurut Prima, kejahatan "cyberporn" bukan hanya permasalahan hukum, tetapi juga menyangkut permasalahan moral, sosial, patologi, bahkan bisnis dan hiburan.

Karena itu, menurutnya, dibutuhkan bangunan hukum yang menata kontribusi masyarakat dalam efektivitas penanggulangan kejahatan cyberporn.

Bertindak selaku promotor adalah Prof Dr Ronny Rahman Nitibaskara SKrim, Ko-promotor Prof Dr Eriyantouw Wahid SH MH serta Ketua Dewan Penguji Prof Dr Abdullah Sulaiman SHMH. Turut hadir juga Dr Endyk M Asror, Dr Gunawan Djadjaputra SH SSMH dan Dr dr Rudy Hartanto MPhils.  (Ant)