Bayi migran tenggelam

id Perang Irak dan Suriah,Bayi migran tenggelam

Bayi migran tenggelam

Seorang penyelamat asal organisasi kemanusiaan Jerman, Sea-Watch, mendekap jenazah bayi migran, di lepas pantai Libya pada 27 Mei 2016. (Christian Buettner/Eikon Nord GmbH Germany/Reuters/cbc.ca)

Saya ambil tangan bayi tersebut dan segera tarik bayi ringan itu untuk mendekapnya, seolah-olah dia masih hidup ... tangan mungilnya diangkat ke udara, mentari bersinar terang, bersahabat tetapi kedua matanya tak bergerak.
Roma (Antara/Reuters) - Sebuah foto seorang bayi migran yang tenggelam di tangan anggota tim penyelamat asal Jerman disiarkan pada Senin oleh sebuah organisasi yang bertujuan untuk membujuk pihak-pihak di Eropa guna menjamin perjalanan aman kepada para migran.
        
Penyiaran foto itu dilakukan setelah ratusan orang dikhawatirkan telah tenggelam di laut Mediterania pekan lalu.
        
Bayi tersebut, yang berusia sekitar setahun, diselamatkan dari laut pada Jumat setelah sebuah kapal kayu terbalik. Sebanyak 45 jasad tiba di pelabuhan Reggio Calabria, di bagian selatan Italia pada Ahad dibawa kapal angkatan laut Italia, yang menyelamatkan sebanyak 135 orang yang masih hidup dari insiden sama.
        
Sea-Watch, organisasi kemanusiaan Jerman, yang mengoperasikan satu kapal penyelamat di laut antara Libya dan Italia, mendistribusikan foto itu yang diambil sebuah perusahaan produksi media di atas kapal dan yang memperlihatkan seorang penyelamat membuai bayi itu dalam gengamannya seperti seorang bayi yang tidur.
        
Dalam sebuah pesan di surat elektronik, penyeleamat itu, yang hanya menyebutkan namanya Martin tetapi tak ingin nama keluarganya dipublikasikan mengatakan ia telah melihat bayi itu di air "seperti boneka, kedua lengannya terjulur".
        
"Saya ambil tangan bayi tersebut dan segera tarik bayi ringan itu untuk mendekapnya, seolah-olah dia masih hidup ... tangan mungilnya diangkat ke udara, mentari bersinar terang, bersahabat tetapi kedua matanya tak bergerak."
   
Penyelamat itu adalah seorang ayah yang memiliki tiga anak dan berprofesi sebagai terapis musik.

"Saya mulai bernyanyi untuk menenangkan diri dan memberikan ekspresi atas saat-saat yang tak dapat difahami dan menyentuh hati ini. Hanya enam jam lalu bayi ini masih hidup."
   
Seperti foto Aylan, bayi laki-laki berusia tiga tahun asal Suriah yang terbaring tak berdaya di pantai Turki tahun lalu, foto itu menujukkan wajah manusia mengenai lebih 8.000 orang telah meninggal di Mediterania sejak awal tahun 2014.
        
Informasi mengenai bayi itu tak banyak, menurut Sea-Watch, yang segera menyerahkannya kepada AL Italia. Para penyelamat tak dapat mengonfirmasi apakah bayi itu laki-laki atau perempuan yang setengah badannya berpakaian dan tidak diketahui apakah ibu atau ayah dari anak itu termasuk di antara mereka yang selamat.
        
Sea-Watch mengumpulkan 25 jasad lainnya, termasuk seorang anak, menurut kesaksian dari awak yang dilihat oleh Reuters. Tim organisasi itu sepakat memutuskan untuk mempublikasikan foto tersebut.

Penerjemah : M Anthoni