Pemkab Tanggamus Usulkan Jalur Alternatif Antisipasi Longsor

id wabub tanggamus samsul hadi, jalur alternatif, antisipasi longsor

 Pemkab Tanggamus Usulkan Jalur Alternatif Antisipasi Longsor

Wakil Bupati Tanggamus Samsul Hadi (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

...Bencana longsor maupun gempa bumi dapat menyebabkan terputusnya jalur lintas barat Sumatera yang merupakan akses transportasi terpenting di Tanggamus," kata Samsul Hadi...
Tanggamus, Lampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung telah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk membuat jalur alternatif guna mengantisipasi bencana longsor maupun gempa bumi di daerah itu.

"Bencana longsor maupun gempa bumi dapat menyebabkan terputusnya jalur lintas barat Sumatera yang merupakan akses transportasi terpenting di Tanggamus," kata Wakil Bupati Tanggamus, Samsul Hadi, di Tanggamus, Senin.

Pihaknya, telah mengajukan pembuatan jalur alternatif tersebut melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat agar ke depan selain melakukan perbaikan infrastruktur di jalur yang sudah ada, juga mulai merencanakan membuat jalur alternatif, mengingat kondisi jalan yang sudah rusak cukup parah.

Samsul Hadi menjelaskan, jalan lintas barat Sumatera merupakan akses darat terpenting di Kabupaten Tanggamus untuk menuju Kota Bandarlampung maupun Kabupaten Pesisir Barat yang berbatasan dengan Provinsi Bengkulu.

"Jika jalur tersebut terputus maka akan menyebabkan lumpuhnya jalur transportasi di Tanggamus serta wilayah lainnya," ujarnya.

Ia menambahkan, Kabupaten Tanggamus memiliki risiko bencana tinggi dengan nilai 201,2 yang merupakan nilai indeks tertinggi di Sumatera.

Untuk mengantisipasi dampak bencana sejak dini, lanjut Samsul, Pemkab Tanggamus telah membentuk pekon/desa tangguh bencana yang akan terus dikembangkan.

Dari 20 Kecamatan di Kabupaten Tanggamus, setidaknya terdapat sembilan Kecamatan yang merupakan daerah rawan bencana, baik tanah longsor maupun banjir.

Daerah yang rawan bencana alam tersebut seperti Kecamatan Kelumbayan, Kelumbayan barat, Cukuhbalak, Limau, Ulu Belu, Semaka, Kota Agung, Wonosobo dan Bandar Negeri Semong.
(Ant)