Polandia : Perisai bukan mengancam Rusia

id Rudal, Rusia, Polandia : Perisai bukan mengancam Rusia

Polandia : Perisai bukan mengancam Rusia

Personel militer Polandia dan AS mengamati sistem pertahan rudal Patriot dalam latihan militer bersama di Sochaczew, dekat Warsaw Polandia. (Reuters/wsj.com)

Warsaw (Antara/Reuters) - Perisai peluru kendali Amerika Serikat yang akan ditempatkan di Polandia tidak menimbulkan ancaman bagi keamanan Rusia, menurut kantor berita Polandia yang dikelola negara, PAP, mengutip Menteri Luar Negeri Witold Waszczykowski, Minggu.
        
Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Jumat bahwa Polandia dan Rumania bisa menempatkan negaranya  dalam jangkauan roket Rusia karena mereka menampung elemen dari perisai rudal AS yang dianggap Moskow sebagai ancaman bagi keamanannya.
        
"Presiden Putin harus tahu betul bahwa perisai anti-rudal di Polandia tidak memiliki relevansi dengan keamanan Rusia. Sistem ini adalah untuk mempertahankan Eropa dari serangan rudal dari Timur Tengah," kata Waszykowski kepada PAP dalam wawancara yang diterbitkan pada Minggu.
        
"Namun, kehadiran militer (di Polandia) dari Amerika dan pasukan multinasional  NATO merupakan respons terhadap perilaku agresif pemerintah Rusia, yang menakutkan kami. Ini akan merupakan kehadiran yang bersifat pertahanan diri, bukan ancaman bagi Rusia."