Wagub Lampung Kunker Ke Kalimantan Barat

id wakil gubernur lampung, kunker ke, kalimantan barat, bachtiar basri, bayana

Wagub Lampung Kunker Ke Kalimantan Barat

WAKIL gubernur Lampung Bachtiar Basri saat kunker ke Kantor Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Kamis, 26/5/2016. | (Humas Pemprov Lampung)

...Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah dari pedalaman menuju pusat-pusat pemasaran baik di dalam maupun ke luar daerah, kata Wagub...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat guna meningkatkan perekonomian dan pariwisata daerah itu.

Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung, Bayana, di Bandarlampung, Kamis, mengatakan bahwa Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mengunjungi Provinsi Kalimantan Barat yang dijuluki provinsi "seribu sungai" itu selaras dengan kondisi geografis Lampung yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang sering dilayari.

"Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah dari pedalaman menuju pusat-pusat pemasaran baik di dalam maupun ke luar daerah, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan," kata Wagub.

Khusus Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia mencapai 1.143 km, selain itu sungai tersebut juga merupakan rumah dari lebih 700 jenis ikan yang merupakan sumber mata pencaharian untuk nelayan/penangkap ikan tradisional maupun modern.

"Hal itu sangat menarik bagi jajaran Pemerintah Provinsi Lampung untuk mengetahui lebih dalam lagi hal-hal yang terkait dengan pengelolaan dan pemanfaatannya bagi aktivitas perekonomian daerah," jelasnya.

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menyampaikan terkait pembangunan di bidang wisata, Provinsi Lampung juga dapat mengadaptasi beberapa kegiatan yang sering dilakukan di Sungai Kapuas seperti Kalbar Regatta, Festival Kapal Hias, Tari Melayu diatas Sampan, Wisata Sungai, Kapuas, Meriam Karbit, Upacara Adat, Mandi U-SHI, Taman Alun Kapuas Pontianak yang Cantik, Budidaya Ikan Mas dan Nila.

Bahkan di Dusun Sauwe Desa Melapi Kecamatan Putusibau Selatan terdapat Kelompok Tani Kereng Sio Makmur yang sudah memproduksi beras prima yang diberi nama atau merk beras "Raja Uncak" yang berwarna merah, hitam serta beras putih, beras dengan hargai Rp20.000/kg dan sangat disukai oleh masyarakat negeri jiran Sarawak, Malaysia dan saat ini sedang didaftarkan ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI untuk mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis (IG).

"Itu juga tentunya dapat diadaptasi oleh Pemerintah Provinsi Lampung yang memiliki keunggulan di bidang pertanian serta pariwisata," jelasnya.

Wakil Gubernur Lampung Bactiar Basri beserta rombongan diterima oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Drs. M. Aminudin, M.Si, dan Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesos Lensus Kandri, SH. MH. serta Pejabat Eselon II, III Dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Rombongan wagub terdiri atas Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Fahrizal Darminto, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan Budiharto, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Adeham, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kadis Perikanan, Kadis Peternakan, Kadis Kehutanan, Kadis Perkebunan, Kadis Perhubungan, Kaset Bakorluh, Dinas Pariwisata, BAPPEDA, Dinas Pengairan dan Pemukiman, Dinas Perdagangan, Karo Umum, Karo Adbang, Karo Hukum, Karo Perekonomian, serta PELINDO II.

Usai pertemuan wagub dan rombongan berkesempatan meninjau Pelabuhan Sungai Pontianak Seng Hie.(Ant)