Hasyim Muzadi: Islam akan kalah tanpa kepandaian

id Hasyim Muzadi, Islam.akan kalah, tanpa kepandaian

Hasyim Muzadi: Islam akan kalah tanpa kepandaian

HASYIM MUZADI (dok. ANTARA)

...Islam tidak mungkin kalah, tapi bisa kalah tergantung tingkat ke-Islaman dan kepandaiannya menggunakan Islam itu, kata Hasyim...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Hasyim Muzadi mengatakan Islam akan kalah jika umatnya tidak pandai dalam mempraktikkan Islam itu sendiri.

"Islam tidak mungkin kalah, tapi bisa kalah tergantung tingkat ke-Islaman dan kepandaiannya menggunakan Islam itu," kata Hasyim di sela-sela Konferensi Internasional Media Islam (ICIM) di Wisma Antara, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan Islam memiliki segalanya untuk memberi kebaikan bagi umatnya, termasuk orang non-Muslim, lantaran Islam adalah agama rahmat bagi alam semesta.

Di kancah internasional, kata dia, Islam dapat menjadi modal pemersatu bangsa di berbagai penjuru dunia, tetapi memang kenyataannya tidak seperti demikian.

"Secara umum, kita punya modal bagaimana hubungan internasional tercapai baik sesama Muslim, maupun pergaulan dunia," ujarnya.

Atas dasar itu, Hasyim berharap umat Islam dapat mengkonsolidasikan diri di internal Muslim. Dengan begitu, dakwah Islam dapat terus terjaga. Hal yang tidak kalah penting adalah umat Muslim untuk menjaga Islam itu sendiri sebagai agama yang damai.

"Penting juga umat Muslim untuk aktif. Ketika persepsi salah tentang Muslim dipublikasikan media, maka orang Islam bisa membenarkannya," tegasnya. (Ant)