Gubernur: Sumatera Dapat Ambil Alih Proses Pembangunan

id gubernur ridho lamteng, pemprov lampung, ridho ficardo

Gubernur: Sumatera Dapat Ambil Alih Proses Pembangunan

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo (FOTO:ANTARA Lampung/Ist)

...Dibandingkan dengan pulau-pulau di luar Jawa, Sumatera-lah yang memiliki keunggulan mulai letak geografis dan sumber daya manusia sebagai modal utama dalam sebuah proses pembangunan, kata Ridho...
Metro, Lampung  (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan bahwa Sumatera dapat mengambil alih proses pembangunan yang digalakkan pemerintah pusat karena memiliki berbagai keunggulan.

"Dibandingkan dengan pulau-pulau di luar Jawa, Sumatera-lah yang memiliki keunggulan mulai letak geografis dan sumber daya manusia sebagai modal utama dalam sebuah proses pembangunan," kata Ridho Ficardo, di Kota Metro, Rabu.

Ia menyebutkan, Pulau Sumatera juga harus mempersiapkan diri dalam menerima efek dari laju pertumbuhan pembangunan yang saat ini kian bergulir digalakkan oleh pemerintah pusat.

Menurutnya, kawasan Sumatera mendapatkan manfaat yang positif dari perhatian pemerintah pusat melalui program kerja yang dilakukan, karena jika melihat kondisi hari ini Pulau Jawa sudah dirasa jenuh akan pertumbuhan pembangunan yang berjalan di sana.

"Kondisi tersebut kiranya dapat dijadikan suatu kesempatan bagi Pulau Sumatera untuk dapat mengambil alih proses pembangunan yang digalakkan oleh pemerintah pusat," ujarnya.

Di sisi lain, menurutnya, pemerintah kota se- Sumatera hendaknya merancang sebuah kebijakan tentang bagaimana membuat kondisi perkotaan yang nyaman lingkungannya dalam mendatangkan iklim investasi yang baik dari segi kualitas dan kuantitas.

Karena, saat kabupaten di sekitarnya berkembang, kota juga akan terdorong untuk menjadi pusat jasa dan keuangan secara luas. Sehingga perlu adanya pemahaman antara pemerinah kota dan pemerintah kabupaten dalam "blue print" yang tersinergikan dengan program kerja pemerintah provinsi.

"Selaih itu, penting kiranya untuk tetap menjaga harmonisasi hubungan satu sama lain dalam kerangka kepentingan pembangunan kota dan kabupaten yang merupakan bentuk saling ketergantungan satu sama lainnya," tambahnya. (Ant)