Polisi: Perbaikan Jalur Mudik Rampung Sebelum Lebaran

id kasat lantas, pores lampung selatan, AKP mubiantu banu kristanto

Polisi: Perbaikan Jalur Mudik Rampung Sebelum Lebaran

Kasat Lantas Polres Lampung Selatan AKP Mubiarto Banu Kristanto (Foto: satlantaslamsel.com)

...Kurang dua pekan menjelang memasuki Ramadan saat ini, perbaikan jalan di jalur utama mudik Jawa-Sumatera ruas Bakauheni-Bandarlampung itu masih terus dilakukan, ujar Mubiarto...
Lampung Selatan  (ANTARA Lampung) - Perbaikan Jalan Lintas Tengah Sumatera ruas Bakauheni-Bandarlampung saat ini masih terus berlangsung dan ditargetkan selesai pada sepuluh hari (H-10) menjelang lebaran tahun 2016.

Pemetaan Polres Lampung Selatan menunjukkan ada 3 titik kerusakan jalan di jalur tersebut, mengingat Jalan Lintas Tengah Sumatera masih menjadi pilihan utama dan favorit bagi pemudik Jawa-Sumatera, kata AKP Mubiarto Banu Kristanto, SIK, Kasatlantas Polres Lampung Selatan, di Kalianda, Rabu.

Menurut dia, kurang dua pekan menjelang memasuki Ramadan saat ini, perbaikan jalan di jalur utama mudik Jawa-Sumatera ruas Bakauheni-Bandarlampung itu masih terus dilakukan.

"Perbaikan dilakukan dengan cara menambal beberapa ruas jalan yang berlubang, dan secara umum perbaikan jalan di jalur mudik Jalan Lintas Tengah Sumatera ruas Bakauheni-Bandarlampung tersebut baru 60 persen rampung," ujarnya lagi.

Dia mengingatkan, kondisi itu jelas merupakan titik rawan bagi pemudik nanti pada saat Lebaran, mengingat dari pihak Kementerian PU dan Perumahan Rakyat dilaporkan perbaikan baru berjalan kurang lebih 60 persen

Pihak Polres Lampung Selatan menandai sedikitnya ada 3 titik jalan di jalur utama mudik Jawa-Sumatera ruas Bakauheni-Bandarlampung yang masih dalam kondisi rusak dan dalam proses perbaikan. Tiga titik tersebut adalah pada Kilometer 81, Kilometer 66, dan Kilometer 25.

Menurut Abu Bakar, pelaksana lapangan perbaikan jalur mudik Jalan Lintas Tengah Sumatera itu, kondisi jalan yang rusak menjadi salah satu faktor utama penyebab kecelakaan di jalur mudik.

Diperkirakan Jalan Lintas Tengah Sumatera ruas Bakauheni-Bandarlampung akan dilalui sedikitnya 68 ribu kendaraan roda empat dan 63 ribu kendaraan roda dua.

"Kami tutup dan perbaiki semua sampai Bakauheni, kami uber sebelum hari raya lubang-lubang yang besar sudah tidak ada lagi," ujar Abu Bakar pula.

Pemerintah menargetkan perbaikan ruas jalan di jalur utama mudik dapat dirampungkan sebelum H-10 Lebaran tahun 2016 ini.

Jalan Lintas Tengah Sumatera masih menjadi jalur favorit pemudik Jawa-Sumatera saat musim mudik.

Jalan Lintas Tengah Sumatera dari Kota Bandarlampung menuju Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung Selatan sepanjang sekitar 100 km menjadi lintasan utama pemudik melalui penyeberangan Selat Sunda ke Merak (Banten) dan sebaliknya.

Arus kendaraan di jalur jalan nasional ini masih yang paling padat dibandingkan pada Lintas Barat dan Lintas Timur.

Panjang total Jalan Lintas Tengah Sumatera mencapai 2.508,5 kilometer. (Ant)