Pesta Kembang Api Meriahkan Pembukaan Bandarlampung Expo 2016

id Bandarlampung Expo 2016, Begawi Bandarlampung 2016, Bandarlampung Expo

Pesta Kembang Api Meriahkan Pembukaan Bandarlampung Expo 2016

Pembukaan Bandarlampung Expo dan Begawi 2016, Senin (23/5) malam, dimeriahkan pesta kembang api. (FOTO: ANTARA Lampung/Tommy Saputra)

"Kegiatan ini juga untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan, memperkenalkan potensi pariwisata Kota Bandarlampung dan pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat," kata dia.
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pesta kembang api memeriahkan pembukaan Begawi dan "Bandarlampung Expo" Tahun 2016 dalam rangka memperingari Hari Ulang Tahun ke-334 Kota Tapis Berseri ini.

Pembukaan "Bandarlampung Expo" dan Begawi 2016 di Lapangan Way Dadi Kota Bandarlampung, Senin (23/5) malam, berlangsung meriah dengan penampilan tari kreasi.

Istri Wali Kota Bandarlampung Herman HN, Eva Dwiana juga tampil menyanyi dengan membawakan sebuah lagu daerah Lampung berjudul "Sai Bumi Ruwai Jurai".

"Bandarlampung Expo" dan Begawi Bandarlampung ini berlangsung 22-29 Mei 2016, dengan peserta selain satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Bandarlampung, juga sejumlah perusahaan dan perbankan, di antaranya Bank Pasar, Bank Lampung, PT Bukit Asam, PTPN VII, BPOM serta Perum Pegadaian.

Selain itu, Datsun, Indomaret, Alfamart, JNE, Columbus, UMKM dari Jakarta dan Padang, Teh Pucuk, Wahana Bermain Anak, Sungai Budi Grup, BLK dan Premium.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menarik minat investor untuk berinvestasi di Kota Tapis Berseri ini.

"Momentum Begawi Bandarlampung dan Bandarlampung Expo Tahun 2016 ini diharapkan bisa meningkatkan motivasi seluruh peserta dalam meningkatkan kemajuan di bidang masing-masing dan juga dapat tercipta forum bisnis anatara Pemkot Bandarlampung dengan calon investor," kata dia lagi.

Menurut dia, tujuan Bandarlampung Expo 2016 ini untuk memperkenalkan budaya dan kesenian Bandarlampung sebagai Kota Tapis Berseri agar dapat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dan mancanegara.

"Kesenian dan pariwisata Bandarlampung harus bisa dikenal sampai ke luar kota, bahkan mancanegara," kata Herman.

Bandarlampung saat ini sudah lebih maju dibandingkan tahun sebelumnya dan kemajuan pembangunannya sudah terlihat sehingga pemerintah memerlukan dukungan peran serta masyarakat agar kota ini menjadi lebih baik lagi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandarlampung Yus Amri Agus mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan tahunan ini adalah untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan seni budaya Lampung serta meningkatkan minat dan bakat seni di kalangan masyarakat, khususnya kalangan generasi muda.

"Kegiatan ini juga untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan, memperkenalkan potensi pariwisata Kota Bandarlampung dan pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat," kata dia.

Adapun kegiatan pendukung lainnya adalah berbagai lomba, yakni lomba pembukaan pawai budaya Lampung, pawai budaya nusantara, karnaval fantasi daerah, lomba makanan tradisional, lomba jajanan pasar serta lomba lagu daerah Lampung.

Selain itu, peragaan busana muslim untuk anak PAUD, lomba hafalan surat-surat pendek ayat suci Al Quran untuk anak Paud, tabuh Talo Balak, lomba gitar tunggal klasik, lagu klasik daerah Lampung, dan peragaan busana etnik Lampung.