Saint Gobain Kenalkan Pemanfaatan Sistem "Drywall"

id drywall gyproc, saint gobain, alain prost, gyproc saint gobain

Saint Gobain Kenalkan Pemanfaatan Sistem "Drywall"

Sejumlah pengujung berkonsultasi di stand Saint-Gobain Construction Products Indonesia (SGCPI) yang memproduksi drywall "Gyproc" dalam pameran di Bandarlampung, Sabtu (21/5). (FOTO ANTARA: Agus Setyawan)

...Adanya sistem drywall atau dinding kering gypsum sebagai alternatif dinilai lebih efektif dan efisien," kata Alin Prost...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Perusahaan Saint-Gobain Construction Products Indonesia (SGCPI) selaku produsen papan gypsum "Gyproc" saat ini gencar memperkenalkan sistem dinding bangunan (drywall) ke masyarakat di Provinsi Lampung.

"Selama ini bangunan di Indonesia masih menggunakan sistem konvensional atau lebih memanfaatkan batu bata maupun bata ringan untuk dinding. Adanya sistem drywall atau dinding kering gypsum sebagai alternatif dinilai lebih efektif dan efisien," kata Project Sales Executive PT SGCPI, Alain Prost saat pameran di sebuah mal di Bandarlampung, Sabtu.

Menurut dia, drywall merupakan produk bahan bangunan yang biasanya digunakan untuk membuat dinding interior bangunan.

"Sebelum drywall mulai diperkenalkan pada umumnya dinding interior bangunan terbuat dari plesteran yang diaplikasikan pada permukaan papan sempit atau disebut 'laths'," kata dia.

Ia menjelaskan, plester ditekan ke celah antara laths tersebut agar menempel dan terbentuk lapisan progresif. "Teknik bangunan seperti ini membutuhkan keahlian dan pengalaman khusus agar terbentuk sebuah dinding plester yang rapi," ujar Alain.

Berbeda dengan penerapan sistem drywall khususnya menggunakan papan gypsum yang lebih relatif mudah serta efektif.

"Pemasangan dinding interior menggunakan papan gypsum terhadap bangunan memang belum banyak diterapkan di Indonesia, namun sebagian besar apartemen dan bangunan tinggi seperti perhotelan sudah menerapkan sistem drywall ini," katanya.

Alain menyebutkan, drywall memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan plester, salah satunya yaitu cara pengaplikasiannya yang sangat mudah. "Hampir semua orang bisa melakukan pekerjaan atau mengaplikasikan drywall dan tidak memerlukan keahlian dan latihan khusus," kata dia.

Seiring perkembangan zaman, gypsum terus dikembangkan dengan teknologi dan berbagai inovasi sehingga menghasilkan papan gypsum yang sangat kuat, tahan lama, dan tahan terhadap terpaan cuaca. Di masa kini, sekitar 97 persen rumah baru telah menggunakan gypsum untuk bahan konstruksi dan interiornya.

Melihat pentingnya penggunaan material gypsum untuk bahan bangunan, PT SGCPI selaku produsen papan gypsum Gyproc untuk pasar Indonesia berkomitmen memberikan solusi dan edukasi mengenai kelebihan plafon dan dinding gypsum sebagai pengganti penerapan cara konvensional.

"Salah satu inovasinya adalah menciptakan papan gypsum Gyproc Saint Gobain Group guna penerapan sistem drywall ini," kata dia.

Drywall sistem juga dapat membantu proses pembuatan atau renovasi interior rumah menjadi lebih cepat, hemat dan mudah dalam pemasangannya tanpa harus memakan banyak waktu dan tidak kotor.

"Kami juga menyediakan tambahan unsur tertentu seperti anti jamur dan bahan tahan api yang dicampur dengan plester gypsum sebelum mengaplikasikan papan gypsum tersebut," ujarnya.

Direktur PT Alisan Catur Adhirajasa, Paulus Abraham K menilai penggunaan sistem drywall lebih ekonomis dibandingkan dengan sistem konvensional.

"Komsumen juga dapat menentukan sendiri interior bangunan mereka, bahkan bisa mengubah apabila sudah bosan dengan penataan ruang sebelumnya. Akan lebih efektif dan efisien penggunaan papan gypsum bagi dinding interior," katanya.(Ant)