Berlian pink dijual seharga 31,46 juta dolar AS

id Berlian pink dijual seharga 31,46 juta dolar AS

Berlian pink dijual seharga 31,46 juta dolar AS

Berlian pink dijual seharga 31,46 juta dolar AS (rushincrash.com)

Jenewa, Swiss (Antara/Reuters) - Sebuah berlian  yang langka berwarna pink berbentuk buah pir, terjual seharga 31,46 juta dolar Amerika dalam pelelangan pada Selasa (Rabu WIB), pihak Sotheby's mengatakan, namun sejumlah batu alam besar lainnya gagal mencapai target harga dari penjual.
         
Berlian "Pink unik" yang memiliki kadar 15,38 karat dan dipasangkan di sebuah cincin, terjual kepada seorang kolektor swasta Asia yang mengikuti lelang melalui telepon, balai lelang itu mengatakan.
         
Berlian itu merupakan benda utama di pelelangan semi-tahunan Jenewa itu, dengan harga yang pada awalnya diperkirakan menembus 28 hingga 38 juta dolar Amerika.
         
"Pink unik mencatat sebuah rekor dunia baru atas sebuah berlian berwarna pink, berlian itu mendapatkan harga terbesar yang pernah dibayarkan untuk sebuah berlian pink," David Bennett, kepala divisi perhiasan internasional Sotheby's mengatakan kepada para wartawan.
         
Berlian yang diberi nama "Sweet Josephine," dengan kadar 16,08 karat, memecahkan rekor sebelumnya dengan harga 28,5 juta dolar Amerika di balai lelang Christie's pada November, dan masih mempertahankan harga per karat dalam kategorinya.
         
Secara keseluruhan, hasil penjualan bersih Sotheby's sebesar 175,2 juta dolar Amerika, "mencatat sebuah rekor baru dari pelelangan perhiasan apapun," pihak Sotheby's mengatakan dalam sebuah pernyataan. Mereka mencatat hasil penjualan sebesar 160 juta dolar Amerika pada tahun sebelumnya.
         
Secara keseluruhan, 83,2 persen dari 488 benda yang ditawarkan mendapatkan pemilik barunya, namun "Batu Rubi Kaisar" berada di antara yang tidak mendapatkannya, dengan hanya memperoleh 3,6 juta franc.
         
"Terdapat beberapa batu mulia lainnya yang harga jualnya mengecewakan namun secara keseluruhan penjualannya dikatakan sukses," Bennett mengatakan.
         
Sebuah koleksi 29 berlian Inggris oleh peminat perhiasan asal Perancis, Cartier, terjual seharga 3,4 juta dolar Amerika, dua kali lipat dari harga perkiraan terendahnya, kata dia.
         
Sebuah "rekor dunia baru" untuk sebuah perhiasan dicatat oleh ppeminat perhiasan dari Paris, Alexandre Reza, sebuah bros bertahtakan berlian biru dengan berlian lainnya yang laku seharga 13,4 juta dolar Amerika, tambahnya.
         
"Kami melakukan usaha yang besar untuk mengumpulkan barang dagangan yang kami rasa cocok untuk pasar khusus ini yang menginginkan barang yang tepat," Bennett mengatakan. "Dan tampaknya terbayar dengan baik," tambahnya.
         
Ehud Arye Laniado, kepala Cora International LLC di new York, yang memotong, memoles dan menjual berlian pink itu mengatakan kepada wartawan Reuters bahwa "itu sudah waktunya untuk dijual, harganya cukup tinggi".
         
"Kami berpikir bahwa pasar mengumpulkan mereka yang meyakini harga tinggi bagi berlian dengan warna yang indah. Itu merupakan pertanda yang baik karena kami melihat orang-orang yang meyakini nilai jual balik batu mulia itu, seperti sebuah karya seni," dia menambahkan. "Kecenderungannya akan mengarah ke berlian putih".