Menteri LHK Dukung Pengembangan Sarana TN Way Kambas

id Menteri LHK Dukung Pengembangan TNWK, Menteri LHK Siti Nurbaya, TN Way Kambas, TNWK Lampung, TNWK, Way Kambas

Menteri LHK Dukung Pengembangan Sarana TN Way Kambas

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar (duduk) didampingi Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dan Kepala Balai TNWK Subakir (tengah belakang), dalam kunjungan ke Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

"Karenanya Way Kambas harus didukung nyata dengan pembangunan sarana prasarana yang memadai," ujar Menteri LHK Siti Nurbaya pula.
Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyatakan mendukung pembangunan sarana dan prasarana yang memadai di kawasan taman nasional termasuk Taman Nasional Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung.

"Jumat dan Sabtu lalu, saya melakukan kunjungan kerja ke Way Kambas, Lampung. Taman Nasional Way Kambas ini dengan biodiversity serta kerapatan vegetasi alam yang tinggi dan intens," ujar Siti Nurbaya dalam pernyataan yang diterima di Bandarlampung, Minggu (8/5).

Menurut Siti Nurbaya, dalam Program Kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), salah satunya ditegaskan bahwa taman nasional harus menjadi bagian terintegrasi dengan program pengembangan wilayah.

"Karenanya Way Kambas harus didukung nyata dengan pembangunan sarana prasarana yang memadai," ujarnya pula.

Dia menyebutkan, hal paling utama yang perlu dibenahi seperti kolam kubangan atau kolam mandi gajah jinak yang kondisinya sudah tidak sehat. "Jika kolam ini tidak diperhatikan, bisa menyebabkan gajah sakit atau mati," ujar dia lagi.

Siti Nurbaya menyebutkan pada 17-19 Mei mendatang akan digelar workshop internasional dalam rangka biodiversity dan taman nasional.

Ia berharap upaya itu dapat membawa kebaikan khususnya untuk masyarakat daerah Lampung dan bagi ketahanan biogenetik resources Indonesia.

Saat berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas (TNWK) pada Jumat-Sabtu (6-7/5), Menteri LHK itu juga mengamati Rumah Sakit Gajah Prof Rubini Atmawidjaya, satu-satunya RS gajah di Indonesia.

Selain itu, dia juga mengunjungi Pusat Penangkaran Badak Sumatera (Suaka Rhino Sumatera/SRS) di TNWK yang dalam beberapa hari ke depan menunggu kehadiran penghuni badak baru yang diperkirakan akan lahir.

Siti Nurbaya dan rombongan juga menyempatkan melakukan penanaman pohon dan berdiskusi dengan jajaran unit pelaksana teknis (UPT) dan advisor pusat badak dari Amerika Serikat, Australia dan lainnya serta pimpinan Yayasan Badak Indonesia (YABI) di Way Kambas.

Dalam kesempatan kunjungan ke TNWK itu, Menteri Siti Nurbaya juga melepasliarkan empat ekor kukang di kawasan hutan TNWK, Jumat (6/5).

Empat ekor kukang yang dilepasliarkan tersebut merupakan satwa langka yang berhasil disita oleh Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Lampung di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan sebelumnya.

Menteri Siti Nurbaya yang didampingi Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dan Kepala Balai TNWK Subakir, berharap pelepasliaran kukang tersebut dapat menjamin kelestariannya sekaligus ikut mendukung keberadaan TNWK yang terus terjaga dan lestari.

Kepala Balai TNWK Subakir berharap pihaknya mendapatkan tambahan personel untuk menjaga TNWK dari ancaman perburuan liar dan perambahan hutan yang selama ini mengusik keberadaan satwa liar dan mengancam pelestarian flora dan fauna di hutan TNWK ini.