Masyarakat Diminta Berikan Data Lengkap Sensus Ekonomi

id gubernur disensus, ridho ficardo, sensus ekonomi 2016

Masyarakat Diminta Berikan Data Lengkap Sensus Ekonomi

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo saat memberikan data usaha kepada petugas sensus ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung di Kantor Gubernur Lampung, Rabu (4/5). (Foto: Humas dan Protokol Pemprov Lampung)

...Dengan memberikan data perekonomian yang jelas, akurat dan lengkap, masyarakat telah membantu pemerintah untuk menentukan arah kebijakan pemerintah dalam pembangunan, kata Ridho...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo meminta masyarakat memberikan data secara jelas, akurat, dan lengkap kepada petugas Sensus Ekonomi 2016.

"Dengan memberikan data perekonomian yang jelas, akurat dan lengkap, masyarakat telah membantu pemerintah untuk menentukan arah kebijakan pemerintah dalam pembangunan," katanya usai memberikan data usaha kepada petugas sensus ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung di Kantor Gubernur Lampung, Bandarlampung, Rabu (4/5).

Ia menyebutkan, jika datanya akurat maka kebijakan pemerintah juga menjadi tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Provinsi Lampung.

Menurutnya, memberikan data perekonomian secara jelas, akurat dan lengkap guna kepentingan sensus ekonomi itu sebagai bentuk peran serta aktif masyarakat dalam program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Ia juga menyarankan agar para petugas sensus ekonomi dapat melakukan koordinasi dan sinergi dengan organisasi pengusaha yang ada di Provinsi Lampung sehingga pendataan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mengatakan bahwa dengan melakukan pendataan ini maka akan terlihat kondisi ekonomi Lampung secara jelas dan akurat yang nantinya dapat digunakan untuk menentukan program prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung.

Selain itu, ia juga mminta agar petugas sensus ekonomi ini turut melibatkan masyarakat sekitar agar pelaksanaan pendataan lebih mudah, cepat dan tepat.

"Dahulu saat sensus penduduk yang menjadi petugas dari daerah setempat karena mengetahui orang yang tinggal dan lebih mudah untuk melakukan pendataannya," ungkapnya.

Kepala BPS Provinsi Lampung Yeanne Irmaningrum mengatakan bahwa Sensus Ekonomi 2016 akan dilaksanakan sejak 1 Mei hingga 31 Mei 2016 untuk mendapatkan informasi potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

Yeane mengharapkan saat petugas sensus ekonomi datang ke rumah warga, masyarakat dapat memberikan data yang sebenarnya. Sebab, pemerintah membutuhkan data yang akurat untuk menjalankan kebijakan maupun program-program.

"Dengan gubernur dan wakil gubernur telah melakukan sensus ekonomi diharapkan masyarakat Lampung juga dapat segera memberikan data ekonominya kepada petugas sensus ekonomi," tambahnya.(Ant)