Bupati Waykanan Ajak Warga Kembangkan Potensi Wisata

id pariwisata, waykanan, air terjun, air terjun putri malu

Bupati Waykanan Ajak Warga Kembangkan Potensi Wisata

Salah satu potensi destinasi wisata Waykanan yakni air terjun putri malu. (ANTARA Lampung/Emir)

Sudah bagus tempatnya tetapi harus dikelola dengan baik, dengan dukungan semua pihak dan pemerintah pusat wisata yang ada di Waykanan bisa terkenal ke manacanegara..."
Waykanan, Lampung, (ANTARA Lampung) - Bupati Wayakanan Raden Adipati Surya mengajak masyarakat setempat untuk melestarikan dan mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah tersebut guna meningkatkan pendapatan warga sekitar.

"Karena dengan cara melestarikan dan menjaga serta mengembangkannya para pengujung silih berganti untuk datang, dan akan ada perputaran uang di sana," kata dia, di Waykanan, Rabu.

Bupati menjelaskan, lokasi wisata yang ada di kabupaten tersebut cukup banyak seperti curug gangsa, air terjun putri malu, kampung wisata gedung batin, dan lainnya.

"Tinggal dijaga dan dirawat oleh pemerintah serta dukungan masyarakat karena akan bisa menarik sejumlah wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung ke kabupaten ini," ujar Raden Adipati Surya di Air Terjun Putri Malu.

Ia menambahakan, Waykanan banyak memiliki destinasi wisata pilihan bagi para pengujung, walaupun kondisisi infrastruktur menjadi keluhan selama ini, tetapi bukan hanya dukungan pemerintah saja, namun dukungan masyarakat juga sangat diperlukan karena tidak bisa berjalan bila pemerintah hanya bergerak sendiri tanpa ada dorongan masyarakat sekitar.

Selain itu, lanjut dia, agar potensi wisata yang ada di Waykanan ini bisa manarik wisatawan mancanegara harus dikelola dengan baik serta didukung oleh pemerintah pusat untuk pengelolaannya.

"Sudah bagus tempatnya tetapi harus dikelola dengan baik, dengan dukungan semua pihak dan pemerintah pusat wisata yang ada di Waykanan bisa terkenal ke manacanegara," jelasnya.

Menurutnya, selain Waykanan berbatasan dengan Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Lampung Barat, daerah ini juga berbatasan dengan Oku Timur Sumatra selatan. Dengan cara promisi ke daerah tetangga juga bisa memperkenalkan potensi yang ada di daerah tersebut.

Bupati itu pun mengakui, kondisi infrastruktur yang ada saat ini sangat memprihatinkan seperti jalan yang kurang baik, tetapi ini menjadi tantangan bagi pemerintah bagaimana caranya untuk memajukan Waykanan melalui bidang wisata.

Adipati menjelaskan, dalam rangka HUT ke-17 Kabupaten Waykanan ke 17, pemerintah setempat menyelanggarakan off road jelajah wisata, trail adventure dan lomba foto wisata Waykanan. dengan cara ini juga potensi wisata dapat dikenalkan hingga pelosk negeri ini.

"Dengan adanya kegiatan tersebut, potensi wisata bisa diketahui oleh para trailer, offroader,dan fotografer dan para peserta bisa mengenalkan kepada dunia bahwa waykanan ini memang indah," katanya. *