Gubernur Lampung Dorong Pengembangan Kesenian Qasidah

id Gubernur lampung, m ridho ficardo, loma qosidah, pemprov lampung

Gubernur Lampung Dorong Pengembangan Kesenian Qasidah

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo (ist)

Bandarlampung (NTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo terus mendorong terlaksananya berbagai kegiatan kesenian dan keagamaan, salah satunya yakni seni musik qasidah di Provinsi Lampung.

"Dalam kurun dua tahun terakhir Provinsi Lampung rutin menggelar kejuaraan kesenian Islami berupa festival qasidah, marhaban dan bintang vokalis tingkat provinsi. Pertama pada 22 hingga 25 Oktober 2015 lalu, dan kedua pada Selasa (3/5) di Balai Keratun, Bandarlampung," kata Ridho Ficardo, di Bandarlampung, Rabu.

Ia meminta pengurus DPD Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Provinsi Lampung dan segenap penggiat seni musik Islami memumpuk dan menumbuhkan grup-grup musik Islami di masing-masing daerah, baik marawis, qasidah, rudat, hadrah, nasyid dan lainnya, agar bisa terus berkembang menyiarkan syiar Islam.

"Karena grup-grup ini adalah potensi yang nantinya bisa mengharumkan nama daerah masing-masing dan juga Lampung. Yang terpenting dalam kesenian Islami ini kita dapat berperan aktif dalam syiar Islam," jelasnya.

Ridho menilai hingga sekarang Lasqi Lampung terus mengalami perkembangan yang baik. Sehingga perlu dipertahankan dan tingkatkan, serta lebih dikuatkan lagi menjaga silahturrahim dan sinergitas.

Di sisi lain, lanjuthya, festival qasidah tingkat provinsi ini selain sebagai ruang ekspresi para praktisi seni musik Islami, juga sebagai ajang seleksi untuk mewakili Provinsi Lampung di tingkat nasional. Pada tahun ini Lampung ditunjuk sebagai tuan rumah lomba qasidah tingkat nasional.

Sebelumnya, Lasqi Lampung menggelar festival qasidah bersama Pemerintah Provinsi Lampung pada 22 Oktober 2015, dari kegiatan itu juaranya terpilih untuk mengikuti lomba qasidah tingkat nasional di Kendari Sulawesi Tenggara.

Pada tingkat nasional tahun lalu, walau baru satu kali menggelar festival tingkat provinsi, Lasqi Lampung berhasil masuk enam besar nasional untuk kategori qasidah klasik remaja putra dan bintang vokalis remaja putri.

Festival qasidah tingkat provinsi akan berlangsung selama dua hari, yakni 3-4 Mei. Acara dibuka oleh Asisten III Bidang Kesra Setprov Lampung Elya Muchtar. Hadir segenap pengurus daerah Lasqi kabupaten/kota se-Lampung serta para penggiat musik Islami.(Ant)