Tim Bumdes Pusat Kunjungi Kabupaten Tulangbawang Lampung

id Tim Bumdes ke Tulangbawang, Bumdes Tulangbawang, Bumdes Lampung

Tim Bumdes Pusat Kunjungi Kabupaten Tulangbawang Lampung

Tim Bumdes Pusat yang berkunjung ke Kabupateng Tulangbawang, Lampung, Minggu (1/5). (Foto: ANTARA Lampung/Ist-Dok.)

Menurut dia, seluruh kampung di Tulangbawang sudah terbentuk Bumdes dan saat ini ada 147 bumdes serta lima badan usaha milik antardesa (bumades).
Tulangbawang, Lampung (ANTARA Lampung) - Forum Badan Usaha Antardesa (Bumades) Kabupaten Tulangbawang Provinsi Lampung mendapat kunjungan tim ahli badan usaha milik desa dari pusat.

Kedatang tim ahli Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) pusat itu diterima oleh Wakil Bupati Tulangbawang Heri Wardoyo SH di Menggala, Minggu (1/5).

Tim Bumdes pusat itu terdiri atas ahli pertanian, peternakan, teknologi informasi (IT) dan ahli pemberdayaan masyarakat yang dipimpin oleh Purwoko MSi yang juga Staf Ahli Budiman Sujatmiko, anggota DPR RI.

Dalam kunjungannya, tim ini melihat langsung potensi pengembangan langsung bumdes di Tulangbawang, seperti pengembangan ternak Bumdes Gedungrejo Sakti, rice milling plan di Andalas Cermin Rawapitu dan resi gudang di Kampung Sumber Agung Rawapitu.

Purwoko mengatakan, kunjungan ini dalam rangka mencari formula pengembangan bumdes agar dapat tumbuh berkembang dan terus berlanjut.

"Tulangbawang salah satu pioner pengembangan bumdes di Indonesia dan diharapkan dapat menjadi motor pengembangan bumdes di daerah lain," katanya lagi.

Kehadiran Tim Bumdes pusat itu didampingi Zaidirina SE MSi, Staf Ahli Bidang Pembangunan SDM dan Kesra Pemkab Tulangbawang.

Menurut dia, seluruh kampung di Tulangbawang sudah terbentuk bumdes dan saat ini ada 147 bumdes serta lima badan usaha milik antardesa (bumades).

Zaidirina mengatakan bumades bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan.

Bumades merupakan gabungan dari beberapa bumdes dan dikembangkan berbasis kawasan. Produk unggulan Bumades Tulangbawang saat ini meliputi komoditas perikanan, seperti udang dan ikan, beras serta bergerak dalam bidang jasa.

Dirut Bumades PT Ajipitu Karyadi mengatakan, saat ini Bumades sudah beroperasi dan bergerak dalam bidang pertanian dan peternakan.

Ia berharap adanya pendampingan yang lebih intensif dari Pemkab Tulangbawang, sehingga bumadesnya lebih cepat berkembang.