Dinkes: Cegah TBC Dengan Pola Hidup Sehat

id dinas kesehatan lampung timur, pola hidup sehat, penyakit tbc

Dinkes: Cegah TBC Dengan Pola Hidup Sehat

Kader Community TB Care ‘Aisyiyah Dinas Kesehatan Lampung Timur foto bersama usai menggelar kegiatan pencegahan Tuberculosis di Desa Margasari Kabupaten Lampung Timur, Kamis (28/4). (FOTO: ANTARA lampung/Muklasin)

...Ada tips agar terhindar dari TBC, seperti menjaga lingkungan rumah yang harus selalu bersih, makan dengan makanan yang bergizi, pastikan di rumah ventilasi udaranya lancar, kata Sartono...
Lampung Timur  (ANTARA Lampung) - Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur, Sartono mengatakan menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah merupakan salah satu cara mencegah terhindar dari penyakit tuberculosis atau TBC.

"Ada tips agar terhindar dari TBC, seperti menjaga lingkungan rumah yang harus selalu bersih, makan dengan makanan yang bergizi, pastikan di rumah ventilasi udaranya lancar. Tujuannya agar di dalam rumah udaranya tidak lembab, karena udara yang lembab banyak mengandung kuman dan bakteri yang bisa menyebapkan TBC," ujarnya usai menggelar kegiatan pencegahan tuberculosis bersama Comunity TB-HIV Care Aisyiah Lampung Timur di Desa Margasari Kabupaten Lampung Timur, Kamis (28/4).

Sedangkan untuk anak yang masih balita, menurut Sartono, penyakit TBC itu dapat dicegah dengan memberikan imunisasi BCG. "Jika memiliki bayi, berikanlah imunisasi BCG," katanya lagi.

Warga Lampung agar tidak tertular secara langsung, usahakan untuk tidak melakukan kontak udara dengan si penderita TBC, katanya.

Sartono menyebutkan jumlah penderita TBC di Kabupaten Lampung Timur sejak tahun 2014 hingga April 2016 sebanyak 900 orang dan merupakan penderita penyakit paling banyak yaitu masyarakat di pesisir laut.

Warga yang terkena penyakit TBC itu masih bisa bertambah dikarenakan penderita batuk TB masih enggan melaporkan ke puskesmas terdekat atau karena ketidaktahuan jenis batuk yang dideritanya.

Dia pun mengimbau warga mau memeriksakan kesehatanya jika mengalami tanda-tanda batuk yang tidak kunjung sembuh dan segera dibawa ke puskesmas terdekat.

Koordinator Community TB Care Aisyiyah Lampung Timur Meiwan Fathon mengatakan kegiatan yang digelar oleh komunitasnya ini menggandeng Dinas Kesehatan Lampung Timur dan mengusung tema "temukan, obati sampai sembuh" (TOS TB).

Tujuan kegiatan tersebut, menurutnya, adalah menemukan penderita baru TBC.

"Kegiatan dilakukan oleh kader TB dengan menyosialisasikan dan mengimbau ke rumah-rumah warga agar mau memeriksakan kesehatannya," ujarnya.(Ant)