Bupati Lampung Barat Resmikan Puskesmas Airhitam

id bupati lampung barat, mkhlis basri, resmikan puskesmas, sarana kesehatan

 Bupati Lampung Barat Resmikan Puskesmas Airhitam

Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri meresmikan Gedung Puskesmas Kecamatan Batu Ketulis, Senin, (25/4). (FOTO: Humas Pemkab Lampung Barat)

...Puskesmas ini dibangun sebagai pusat penanganan medis tingkat pertama bagi masyarakat, jadi tidak mesti ke rumah sakit kalau masih bisa sembuh di fasiltas kesesehatan ini, kata Mukhlis...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri meresmikan pusat kesehatan masyarakat di Kecamatan Airhitam guna memperlancar pelayanan kesehatan kepada warga di daerah itu.

"Puskesmas ini dibangun sebagai pusat penanganan medis tingkat pertama bagi masyarakat, jadi tidak mesti ke rumah sakit kalau masih bisa sembuh di fasiltas kesesehatan ini," kata dia saat dihubungi, di Lampung Barat, Selasa.

Menurutnya, pelayanan yang bermutu tentunya diharapkan guna mewujudkan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya itu.

"Nantinya, penanganan kesehatan harus sesuai standar sehingga masyarakat yang berobat tidak kecewa atas pelayanan petugas medis," ujarnya.

Ia melanjutkan, ke depan setiap kecamatan harus memiliki puskesmas sehingga tujuan menyehatkan masyarakat dapat tercapai dengan baik.

Hal itu guna menunjang penanganan kesehatan yang cepat kepada masyarakat, namun semua itu juga harus diiringi dengan prasarana, peralatan dan tenaga kerja medis yang memadai sesuai dengan Permen Kesehatan 75/2014.

"Sarana yang menunjang dan tenaga kesehatan penting untuk setiap puskesmas," ujarnya.

Selain itu, Bupati juga berpesan kepada semua tenaga kesehatan puskesmas agar bekerja secara profesional sesuai standar kerja.

"Petugas medis harus berpegang teguh pada standar prosedur operasional, etika profesi dan hormati hak pasien. Kepentingan keselamatan pasien menjadi prioritas," ujarnya.

Sementara itu, persemian beroperasinya Puskesmas Airhitam ditandai dengan pengguntingan pita oleh Helwiyati Mukhlis Basri.

Ia juga berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan tingkat pertama itu dengan baik sehingga warga akan lebih terjaga serta mempermudah dalam setiap upaya pengobatan.(Ant)