Pemkot Bandarlampung Belum Buka Pendaftaran CPNS

id wali kota bandarlampung, Herman hn

Pemkot Bandarlampung Belum Buka Pendaftaran CPNS

Wali Kota Bandarlampung Herman HN (foto/roy BP)

Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kota Bandarlampung belum membuka pendaftaran untuk calon pegawai negeri sipil tahun 2016, karena belum ada surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Karena sampai sekarang belum ada kejelasan dari Kemenpan, jadi kami tidak bisa memastikan apakah ada formasi atau tidak," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Bandarlampung M. Umar saat dihubungi di Bandarlampung, Rabu.

Dia mengatakan, oleh sebab itu pada tahun 2016 ini belum dapat memastikan adanya pembukaan pendaftaran CPNS.

Dia menegaskan, bahwa pihaknya masih menunggu pemberitahuan dari pusat tentang kepastian kuota CPNS.

"Sekarang hanya menunggu saja kepastian ada atau tidak kuota tersebut. Sebenarnya jika memang ada keputusan sejak bulan Januari atau Februari tahun 2016 sudah ada pemberitahuan, tapi sampai sekarang belum ada," kata dia.

Padahal pihak BKD diungkapkannya, telah mengajukan persyaratan untuk mendapatkan kuota CPNS, kriteria yang dimaksud yakni berdasarkan analisis kebutuhan organisasi dan belanja pegawai Kota Bandarlampung.

"Jika belanja pegawai di atas 50 persen maka kemungkinan akan kena moratorium," kata dia.

Untuk jumlah pensiun setiap tahunnya rata-rata hampir 300 orang lebih, tahun ini saja sudah hampir 300 yang akan pensiun.

Sebelumnya, pemkot tidak mendapatkan jatah CPNS lantaran dilihat dari belanja pegawai daerah yang sudah di atas 50 persen.

"Kami berharap supaya pusat juga mempertimbangkan bukan hanya melihat belanja pegawainya melainkan kebutuhan organisasi, karena sudah banyak yang pensiun," kata dia.

Dia mengungkapkan, selama tiga tahun ke depan pihaknya akan membutuhkan 3000 pegawai, jadi jika diperhitungkan setiap tahun ada penambahan 700 PNS itu pun telah dikurangi dengan yang pensiun.