Mahasiswa IBI Darmajaya raih beasiswa ke Thailand dan Tongkok

id Mahasiswa IBI Darmajaya raih beasiswa ke Thailand dan Tongkok, ibi darmajaya

Mahasiswa IBI Darmajaya raih beasiswa ke Thailand dan Tongkok

Salah satu mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, Widia Savitri yang meraih beasiswa ratusan juta rupiah untuk program student mobilityperiode 6 di Tiongkok. (foto/dok.ibi darmajaya)

Bandarlampung, (ANTARA Lampung) – Kepala Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI) IBI Darmajaya, Rahmalia Syahputri mengatakan enam mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya meraih beasiswa ratusan juta rupiah untuk program student mobility di Thailand dan Tiongkok.

Empat di antaranya akan menjalani student mobility di Rajamangala University of Technology Krugthep (RMUTK) Thailand. Mereka yakni Christine Dian Pertiwi dan Ribka dari jurusan Akuntansi, serta Zainudin dan Ronal Diantry dari jurusan Manajemen. Sementara dua lainnya yakni Widia Savitri dari jurusan Teknik Informatika dan Resti Riana Putri dari jurusan Sistem Informasi akan menjalani student mobility di Nantong Vocational University (NTVU) Tiongkok.

Dia melanjutkan, mahasiswa student mobility periode 6 ini akan menjalani studinya selama 1 semester mulai Agustus 2016 hingga Januari 2017. "Ini menjadi kali pertama bagi IBI Darmajaya mengirimkan mahasiswa student mobility ke Rajamangala University of Technology Krugthep Thailand dan Nantong Vocational University Tiongkok. Dimana tahun sebelumnya program student mobillity telah dilakukan di Rangsit University Thailand dan Universitas Teknikal Malaysia Melaka (UTeM).

Rahmalia mengungkapkan, untuk mendapatkan beasiswa tersebut, enam mahasiswa ini sebelumnya menjalani proses penyeleksian. Tahapan seleksi meliputi tes akademik, tes bahasa Inggris, dan wawancara. Dimana dalam tahapan seleksi, KUHI juga melibatkan seluruh jurusan dan UPT Bahasa IBI Darmajaya.

“Sebelum keberangkatan, mahasiswa student mobility terlebih dahulu menjalani proses pembekalan meliputi kemampuan bahasa Inggris, akademik, pengetahuan budaya dan adat sopan santun sesuai dengan negara yang akan mereka datangi. Diharapkan mahasiswa bisa lebih siap dan memanfaatkan kesempatan belajar di luar negeri ini dengan sebaik mungkin dalam menambah pengetahuan, pengalaman, dan memperluas wawasan internasional,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa student mobillity periode 6, Widia Savitri mengaku senang dan sangat bersyukur bisa mendapat kesempatan untuk kuliah selama 1 semester di Nantong Vocational University Tiongkok.

“Rasanya tidak menyangka mimpi untuk belajar di luar negeri bisa terwujud berkat kuliah di IBI Darmajaya. Saya sangat bangga bisa seberuntung ini memperoleh kesempatan kuliah di Tiongkok dengan mendapatkan beasiswa. Apalagi Tiongkok merupakan negara maju dengan perkembangan dan kecanggihan teknologinya. Semoga pengalaman mengikuti student mobillity di Tiongkok ini nantinya bisa memberikan banyak manfaat dan ilmu berharga bagi saya dalam meningkatan kompetensi akademik dan soft skill,” harapnya.(*)