Anggota DPD Minta Kelompok Tani Kreatif

id anang prihantoro, anggota dpd ri, anang panen padi

Anggota DPD Minta Kelompok Tani Kreatif

Anggota DPD RI asal Lampung Ir. Anang Prihantoro saat panen padi bersama Kelompok Tani Hutan Register 40 di Desa Karang Rejo Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (31/3) (FOTO ANTARA Lampung/Muklasin)

... Kelompok tani hutan harus kreatif dalam mengelola lahan hutan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, tetapi tidak melupakan kelestarian hutan tersebut, ujar Anang...
Lampung Selatan (ANTARA Lampung) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI asal Lampung Anang Prihantoro mengingatkan para petani yang tergabung dalam kelompok tani hutan di Register 40 Desa Karang Rejo Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan harus kreatif mengelola lahan hutan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka.

Anang saat dihubungi dari Bandarlampung, Jumat, mengaku telah mengunjungi Kelompok Tani Hutan Register 40 di Desa Karang Rejo Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan pada Kamis (31/3 ). Kelompok tani hutan itu sebagai pengelola sumber daya hutan berbasis masyarakat setempat.

Dalam pertemuan itu Anang meminta kelompok tani hutan harus kreatif dalam mengelola lahan hutan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, tetapi tidak melupakan kelestarian hutan tersebut.

Dia juga menyatakan bahwa masyarakat yang mengelola lahan hutan tidaklah tepat disebut sebagai perambah hutan, mengingat masyarakat tersebut telah mendapatkan pembinaan dari Dinas Kehutanan setempat.

Guntur dari Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) di sana menjelaskan bahwa lahan yang dimitrakan dengan masyarakat seluas 30 hektare.

"Konsep penanamannya jenis tamanan seperti jagung, padi, singkong di bawah tegakan," ujarnya lagi.

Sedangkan Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (IPKINDO) yang diwakili Isyanto mengatakan konsep pembangunan hutan di Register 40 itu melibatkan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warga di desa sekitar dengan prinsip menjaga kelestarian hutannya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan panen raya padi unggul yaitu Sertani-8. Panen raya dipimpin oleh anggota DPD Anang Prihantoro.

Anggota DPD asal Lampung itu juga menyumbangkan bibit unggul durian yang diperuntukkan bagi kelompok tani setempat.

Ketua Kelompok Tani Agroforest Park Kamadi menyatakan konsep kemitraaan yang diterapkan pihak Dinas Kehutanan dirasakan sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatan mereka.

Sebagai ketua kelompok tani itu, dia pun berharap perlu ada pembinaan yang berkelanjutan agar anggota kelompok tani semakin paham cara pengelolaan hutan dan lahan untuk bisa menaikkan tingkat pendapatan petani setempat.(Ant)